POSPAPUA

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Startup teknologi pengawasan Vosker telah mendapatkan pembiayaan utang sebesar C$171,2 juta

Startup teknologi pengawasan Vosker telah mendapatkan pembiayaan utang sebesar C$171,2 juta

Startup ini mengembangkan kamera pengintai jarak jauh bertenaga surya yang beroperasi tanpa Wi-Fi atau listrik.

Startup perangkat keras di Quebec Fosker Menutup pembiayaan utang sebesar C$171,2 juta (US$125 juta).

Royal Bank of Canada memimpin pendanaan, dan peserta lainnya termasuk Pengembangan Ekspor Kanada, Scotiabank, Bank Nasional Kanada, dan Konsorsium Dana Desjardins du Québec.

Gagnon sebelumnya mengatakan bahwa Vosker sengaja menghindari siklus modal ventura dan memilih pembiayaan utang untuk mendukung pertumbuhannya.

Vosker, yang berbasis di Victoriaville, Que., mengembangkan produk instrumen bertenaga surya untuk aplikasi pengawasan.

Lini produknya saat ini mencakup kamera keamanan seluler untuk pengawasan video dan foto, yang terhubung ke jaringan seluler dan membawa fitur seperti selang waktu, deteksi gerakan, dan tayangan langsung.

Startup ini juga menawarkan alat yang diklaim menggunakan kecerdasan buatan untuk membantu pengguna mengidentifikasi keberadaan manusia dalam sebuah gambar dan membedakannya dari mobil. Menurut situs webnya, industri sasaran produknya mencakup utilitas terpencil, konstruksi, real estate, pertanian, dan penegakan hukum.

Vosker adalah gagasan Yann Gagnon dan si kembar Jimmy dan Dani Angers, yang bersama-sama mengidentifikasi celah di pasar perangkat pemantauan jarak jauh yang lebih otonom yang tidak bergantung pada daya listrik atau Wi-Fi.

Jalur pembuatan Vosker dimulai pada tahun 2004, ketika Gagnon membuat Spypoint. Dia kemudian mendirikan perusahaan induk bernama GTX pada tahun 2018 bersama Angers bersaudara. GTX telah berkembang mengembangkan empat sub-merek yang digabungkan menjadi satu pada tahun 2021 dengan nama Vosker.

Menurut situs webnya, pendapatan tahunan Vosker mencapai $100 juta pada tahun 2021, dan pertumbuhan pendapatan tahunan perusahaan mencapai 582 persen dibandingkan tiga tahun sebelumnya. Perusahaan ini kemudian mengumpulkan $60 juta dari pendiri Gardaworld Stephane Crétier dan lainnya pada tahun 2022. Termasuk pendanaan terbaru ini, Vosker telah mengumpulkan lebih dari C$200 juta pendanaan eksternal hingga saat ini.

READ  S&P 500 naik seiring lompatan teknologi meskipun ada peringatan dari Microsoft

Terkait: GTX mengembalikan merek tersebut ke Vosker setelah peningkatan pendapatan 4X lipat untuk teknologi pemantauan jarak jauh

Awal tahun ini, Fosker Tercampur aduk Peran dua anggota tim pendiri. Jamie Angers telah beralih ke peran CEO, posisi yang sebelumnya dipegang oleh Gagnon, yang telah menjadi CEO Dewan Direksi untuk fokus pada strategi M&A serta kemitraan strategis. Danny Angers tetap pada peran aslinya sebagai CFO.

Menurut pernyataan yang dikeluarkan hari ini, Vosker akan menggunakan pendanaan baru tersebut untuk “merekapitalisasi struktur utangnya dan secara strategis memposisikan dirinya untuk inisiatif pertumbuhan di masa depan.” Dalam sebuah wawancara dengan BloombergVosker berencana menggunakan pembiayaan tersebut untuk berinvestasi dalam pertumbuhan di AS dan Eropa, dan mungkin mengumpulkan lebih banyak dana untuk mendanai potensi akuisisi, kata Danny Angers.

Gagnon sebelumnya mengatakan kepada BetaKit bahwa perusahaannya sengaja menghindari siklus modal ventura dan memilih pembiayaan utang untuk mendukung pertumbuhannya.

“Pembiayaan utang yang signifikan ini merupakan momen penting bagi Vosker seiring kemajuan kami menuju tujuan ambisius kami untuk menjadi juara global dalam industri teknologi pengawasan,” kata Danny Angers dalam sebuah pernyataan hari ini. “Dengan pemasukan modal ini, kami memiliki sarana untuk melaksanakan proyek pertumbuhan taktis dan memperkuat posisi kami sebagai pemimpin industri.”

Gambar unggulan milik Vosker.