POSPAPUA

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Insinyur – Komentar: Peran Internet of Things dalam mendorong keberlanjutan di bidang teknologi

Insinyur – Komentar: Peran Internet of Things dalam mendorong keberlanjutan di bidang teknologi

Menanggapi meningkatnya tantangan iklim yang dihadapi planet kita, perusahaan-perusahaan di seluruh dunia semakin terdorong untuk mengintegrasikan praktik-praktik berkelanjutan ke dalam operasi mereka.

Namun, langkah penting ini lebih dari sekedar mengurangi dampak lingkungan – namun juga melibatkan penguasaan keseimbangan antara tanggung jawab terhadap lingkungan dan kebutuhan untuk mempertahankan pertumbuhan dan produktivitas. Organisasi perlu melakukan segala yang mereka bisa untuk mengurangi jejak karbon dan meningkatkan strategi pembangunan mereka – sebuah tugas yang tampaknya menakutkan bagi para pemimpin karena persyaratan kompleks yang dikenakan oleh tujuan-tujuan tersebut.

Namun, di tengah skenario yang menantang ini, Internet of Things (IoT) muncul sebagai sebuah pengaruh revolusioner yang siap untuk mendefinisikan kembali model bisnis tradisional dan praktik operasional yang sudah ketinggalan zaman. Teknologi IoT berkontribusi terhadap kelestarian lingkungan namun tidak hanya sekedar renungan; Sebaliknya, hal ini mengubah cara perusahaan berinteraksi dengan alam sekaligus memungkinkan mereka memanfaatkan sumber dayanya.

Membentuk masa depan produktivitas

Dengan memanfaatkan Internet of Things, perusahaan memanfaatkan data real-time untuk menyederhanakan operasi, meningkatkan penggunaan energi, dan mengurangi limbah secara signifikan. Teknologi pintar memungkinkan otomatisasi berbagai proses industri termasuk memastikan mesin beroperasi pada efisiensi maksimum dan menggunakan sumber daya dengan bijak.

Lebih banyak komunikasi

Pada saat yang sama, IoT dapat membantu organisasi mempertahankan keunggulan kompetitif yang tajam di pasar yang semakin menghargai praktik ramah lingkungan – membantu mereka tidak hanya mematuhi peraturan lingkungan yang ketat tetapi juga berkembang dalam menghadapi prospek ekonomi yang tidak menentu. .

Kelola sumber daya secara efisien

Meskipun teknologi IoT menawarkan solusi praktis untuk mengurangi penggunaan dan limbah energi secara signifikan, teknologi ini juga mengarah pada otomatisasi dan peningkatan proses bisnis yang cepat.

READ  Sepeda Euro 2023 | Teknologi baru terbaik sejak hari pertama

Misalnya, produsen komponen elektronik skala menengah dapat memasang sensor dan aktuator cerdas pada mesin untuk meningkatkan keberlanjutan dan efisiensi. Ini memantau penggunaan energi dan efisiensi operasional secara real time. Penerapan ini memungkinkan perusahaan mengurangi konsumsi energi bulanan, mengotomatiskan pemilahan sampah, dan mengurangi kegagalan peralatan. Hal ini secara signifikan mengurangi biaya keseluruhan dan meningkatkan kepatuhan organisasi terhadap peraturan lingkungan yang ketat.

LitterCam menggunakan IoT dan AI untuk mengubah kamera pengintai menjadi kamera yang secara spesifik mengidentifikasi sampah lokal secara real-time. Contoh revolusioner ini menunjukkan bagaimana teknologi mendukung pemerintah daerah dalam menciptakan lingkungan yang lebih bersih bagi masyarakat. Aplikasi cerdas dan hemat biaya ini telah mengubah perilaku manusia terhadap membuang sampah sembarangan sekaligus mengurangi dampak lingkungan yang disebabkan oleh sistem pengelolaan sampah yang mahal.

Desain dan pengoperasian yang berkelanjutan

Sejak awal, perangkat IoT harus dirancang untuk keberlanjutan jika ingin diterapkan. Integrasi yang cermat antara perangkat keras yang kuat, firmware, dan solusi konektivitas yang efisien mengurangi dampak lingkungan di seluruh siklus hidup perangkat. Misalnya, gerai ritel dapat melacak seluruh siklus hidup produk melalui pemantauan berbasis IoT dengan meminta pelanggan mengembalikan produk bekas untuk didaur ulang. Contoh lainnya adalah perangkat yang beroperasi dalam kondisi keras dirancang agar memiliki daya tahan dan umur panjang untuk bertahan di lingkungan yang keras. Hal ini mengurangi kebutuhan akan penggantian dan pemeliharaan yang sering.

Solusi komunikasi tingkat lanjut

Beralih dari opsi konektivitas tradisional ke opsi konektivitas lanjutan seperti eSIM dan iSIM tidak hanya mengurangi pemborosan namun juga terbukti menjadi solusi hemat biaya. Solusi yang lebih bersih dan ramah lingkungan ini dapat memberikan konektivitas tanpa batas ke jaringan listrik dengan menggunakan lebih sedikit bahan dan mengkonsumsi lebih sedikit energi. iSIM adalah yang paling ramah lingkungan dalam hal jejak karbon bisnis karena menghilangkan penggunaan SIM plastik pada papan sirkuit cetak.

READ  Belajar hidup bersama Mark Zuckerberg

Tantangan besar lainnya yang dihadapi oleh perusahaan yang menggunakan perangkat IoT edge bertenaga baterai adalah memastikan bahwa baterai bertahan selama masa pakai perangkat yang diharapkan. Prediksi umur baterai bisa jadi sulit untuk dikelola, terutama ketika asuransi masa pakai baterai 10 tahun menjadi tidak dapat dipertahankan jika baterai rusak setelah lima tahun saja. Hal ini membuat penggantian perangkat menjadi tidak praktis secara finansial dan logistik, terutama jika perangkat berada di lokasi yang sulit diakses.

Oleh karena itu, pelanggan harus memastikan bahwa mereka memilih baterai yang tepat yang menggunakan teknologi canggih seperti eDRX (Extended Intermittent Reception) dan PSM (Power Saving Mode). Hal ini secara signifikan meningkatkan efisiensi daya perangkat IoT LPWA (Low Power Wide Area) dengan memungkinkan perangkat memasuki kondisi daya rendah saat tidak aktif, sebuah mekanisme penghematan biaya yang secara signifikan memperpanjang masa pakai baterai. Dengan melindungi model bisnis secara keseluruhan dengan cara ini, biaya pemeliharaan berkurang dan keandalan sistem meningkat.

Contoh lainnya adalah bagaimana Internet of Things dengan cepat memperluas perannya dalam ekosistem kendaraan listrik. Internet of Things telah memainkan peran penting dalam meningkatkan infrastruktur kendaraan listrik, khususnya dalam mengelola stasiun pengisian daya di seluruh dunia. Konektivitas IoT yang andal memastikan pengoperasian titik pengisian daya yang efisien dan aman, yang merupakan aspek penting dalam penerapan kendaraan listrik secara lebih luas, yang sangat penting untuk mencapai tujuan iklim.

Ketika komunitas global bergulat dengan tantangan-tantangan lingkungan hidup, Internet of Things muncul sebagai sebuah cahaya terang, menawarkan alat-alat yang diperlukan bagi organisasi-organisasi untuk secara efektif mengatasi tantangan-tantangan yang ada. Internet of Things merupakan bukti potensi inovasi teknologi yang memungkinkan kita mewujudkan masa depan yang benar-benar berkelanjutan. Kesimpulannya, Internet of Things merupakan sekutu yang sangat diperlukan dalam upaya global untuk mengurangi dampak lingkungan sekaligus meningkatkan kesejahteraan ekonomi di seluruh dunia.

READ  Apa yang dipelajari oleh CEO teknologi yang berbasis di Seattle ini setelah beralih ke tenaga kerja yang sepenuhnya jauh di awal pandemi

Paul Marshall, Pendiri dan Chief Operating Officer… Mudah

Kunjungi situs web karir kami https://jobs.theengineer.co.uk/ Untuk mempelajari tentang beberapa peluang karir terbaru di perusahaan terbesar di industri ini