POSPAPUA

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Seribu pengungsi masih dalam ketidakpastian karena kesepakatan AS hampir selesai

“Semua harapan tertuju pada proses pemukiman kembali di Amerika Serikat, karena itu satu-satunya cara pemukiman kembali bagi orang-orang yang menjalani perawatan di luar negeri,” katanya. “Orang-orang masih menunggu setelah delapan tahun, bahkan jika mereka disetujui untuk dimukimkan kembali.”

Departemen Dalam Negeri mengatakan wawancara pemukiman kembali adalah masalah pemerintah AS. USCIS tidak menanggapi pertanyaan sebelum tenggat waktu.

Alih-alih Amerika Serikat, masih ada sedikit pilihan bagi lebih dari 900 orang yang ditemukan menjadi pengungsi (dan karenanya pantas mendapatkan perlindungan), termasuk 80 orang yang masih di Nauru dan 91 orang di Papua Nugini. Akhir Maret lalu, 378 pencari suaka yang datang dengan perahu masih ditahan di Rutan Imigrasi Australia. Sisanya hidup dalam komunitas setelah dibawa ke Australia di bawah undang-undang kedokteran yang sekarang dicabut.

Pemerintah menyatakan bahwa tidak ada orang yang dapat menetap secara permanen di Australia ketika mereka datang dengan perahu.

Amnesty International dan pensiunan Socceroo Craig Foster adalah di antara pendukung seruan Perdana Menteri Scott Morrison untuk menerima tawaran lama Selandia Baru untuk memukimkan kembali pengungsi dari sistem pemrosesan lepas pantai Australia ketika ia bertemu Perdana Menteri Selandia Baru Jacinda Ardern di Queenstown akhir pekan depan.

Tawaran untuk menerima 150 pengungsi setahun telah dibahas sejak 2013 ketika Julia Gillard menyetujuinya. Tapi Tony Abbott kemudian membatalkannya.

Memuat

Pengacara pengungsi David Mann mengatakan menerima tawaran Selandia Baru harus menjadi “prioritas utama dalam agenda Mr Morrison” di Queenstown.

“Australia mempertahankan tanggung jawab moral dan hukum untuk menjamin perlindungan abadi bagi orang-orang yang sangat menderita,” katanya.

Mane mengatakan dia senang dengan pengobatan AS yang berkelanjutan selama pandemi tetapi “setiap hari penundaan adalah hari kerusakan lainnya.”

READ  Amerika Serikat bersiap untuk mendesak Organisasi Maritim Internasional untuk secara dramatis mempercepat dekarbonisasi perkapalan K&L Gates LLP

Secara terpisah, 144 pengungsi telah mengajukan permohonan sponsor untuk menetap di Kanada di bawah inisiatif berbasis komunitas yang disebut Operasi Tak Terlupakan, dijalankan oleh organisasi Kanada bernama MOSAIC, Dewan Pengungsi Australia, dan Iklan-Up Jaringan Pengungsi di Kanada.

Mulailah hari Anda dengan informasi

Edisi Pagi kami adalah panduan pilihan untuk cerita, analisis, dan ide yang paling menarik dan menarik. Dapatkan di kotak masuk Anda.