POSPAPUA

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Seragam sepak bola Ukraina dengan peta yang menunjukkan Krimea memicu kemarahan di Rusia | Ukraina

Pejabat Rusia bereaksi dengan marah setelah kepala Federasi Sepak Bola Ukraina mengungkapkan jersey tim nasional baru yang dihiasi dengan peta Ukraina yang meliputi Krimea.

Rusia Aneksasi Krimea dari Ukraina pada 2014 Ia berusaha untuk secara permanen memasukkan semenanjung ke Rusia, tetapi diakui secara internasional sebagai bagian dari Ukraina.

Koleksi baru untuk Ukraina terungkap pada hari Minggu, beberapa hari sebelum tanggal Kejuaraan Eropa Di halaman Facebook Presiden Federasi Sepak Bola Ukraina, Andrey Pavelko.

“Kami percaya siluet Ukraina akan memberi kekuatan kepada para pemain, karena mereka akan berjuang untuk seluruh Ukraina,” tulis Pavelko. Dan seluruh Ukraina, dari Sevastopol dan Simferopol hingga Kiev, dari Donetsk dan Lugansk hingga Uzhgorod akan mendukung mereka di setiap pertandingan.

Sevastopol dan Simferopol di Krimea berada di bawah kendali Rusia, sementara Donetsk dan Lugansk dikendalikan oleh pejuang yang dianggap sebagai pasukan proksi Rusia.

Bagian depan jersey kuning menunjukkan perbatasan Ukraina dengan warna putih. Di bagian atas belakang ada slogan yang mengatakan “Glory to Ukraine!”. Di dalam kaos tersebut terdapat slogan yang bertuliskan “Glory to the Champions!”

Kedua frasa tersebut menjadi banyak digunakan di Ukraina dalam militer dan di antara pendukung revolusi 2014 yang menggulingkan Viktor Yanukovych, yang sekarang tinggal di Rusia.

Anggota parlemen Rusia Dmitry Svishchev dikutip oleh kantor berita RIA mengatakan bahwa desain kaus tersebut adalah “provokasi politik”. Dia mengatakan menampilkan peta Ukraina “yang mencakup wilayah Rusia adalah ilegal.”

Juru bicara Kementerian Luar Negeri Rusia Maria Zakharova mengatakan di media sosial bahwa slogan-slogan di kaus itu adalah patriotik dan slogan “Kemuliaan bagi Ukraina! Kemuliaan bagi para pahlawan!” menggemakan seruan Nazi Jerman.

READ  Playoff NBA: Portland Trail Blazers vs Denver Nuggets

Kedutaan Besar AS di Kiev menyatakan dukungannya untuk jersey baru pada hari Senin, memposting di Twitter: “Suka tampilan baru. Kemuliaan untuk Ukraina! #CrimeaisUkraine.”

Hubungan antara Moskow dan Kiev memburuk tajam setelah aneksasi Krimea dan dimulainya pemberontakan separatis yang didukung Rusia di Ukraina timur pada tahun 2014. Rusia juga telah mengeluarkan ratusan ribu paspor ke Ukraina di timur negara itu sebagai tanda bahwa konflik akan tetap tidak terselesaikan selama bertahun-tahun yang akan datang.

Jumlah pertandingan selama Euro 2020 Ini dijadwalkan menjadi tuan rumah Stadion Krestovsky di St Petersburg, termasuk pertandingan perempat final. Ukraina saat ini tidak dijadwalkan untuk bermain di Rusia atau melawan tim nasional Rusia.

Ukraina memainkan pertandingan pembukaan Euro 2020 melawan Belanda pada 13 Juni di Amsterdam, dan juga menghadapi Austria dan Makedonia Utara di Grup C.

Rusia akan bermain melawan Belgia di St. Petersburg pada 12 Juni dan akan menghadapi Denmark dan Finlandia di Grup B.