POSPAPUA

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Sensor yang rusak mungkin telah menghilangkan peluncuran roket SLS besar-besaran NASA

Perbesar / Roket SLS NASA kemungkinan akan diluncurkan pada Sabtu, 3 September 2022.

Trevor Mahleman

Setelah upaya peluncuran roket Sistem Peluncuran Luar Angkasa pada hari Senin dibatalkan, para pejabat NASA mengatakan mereka sedang mengerjakan upaya kedua untuk menerbangkan misi Artemis I pada hari Sabtu, 3 September.

Pengendali Penerbangan NASA Hentikan upaya peluncuran pertama Setelah mereka tidak dapat memverifikasi bahwa salah satu dari empat mesin utama roket SLS – nomor mesin. 3 – Didinginkan dengan benar hingga -420 derajat Fahrenheit sebelum pengapian. Mesin harus didinginkan hingga suhu yang sangat dingin untuk menangani injeksi bahan bakar hidrogen dan oksigen yang sangat cair.

Selama briefing Selasa malam, manajer program roket SLS NASA John Honeycutt mengatakan tim tekniknya yakin mesin telah didinginkan dari suhu sekitar ke hampir tingkat yang diperlukan tetapi belum diukur dengan benar oleh sensor suhu yang salah. .

“Cara sensor berperilaku tidak sesuai dengan situasi fisika,” kata Honeycutt.

Masalah dengan NASA adalah bahwa sensor tidak dapat diganti dengan mudah dan sangat mungkin mengharuskan kembalinya ke Gedung Perakitan Kendaraan di Kennedy Space Center di Florida, beberapa kilometer dari landasan peluncuran. Ini akan menunda peluncuran roket setidaknya hingga Oktober, dan badan antariksa itu mengkhawatirkan keausan pada roket yang sekarang ditumpuk selama hampir satu tahun.

Honeycutt mengatakan dia yakin hidrogen cair tidak mengalir ke mesin. 3 selama hitungan mundur hari Senin dan bahwa sensor lain, termasuk pengukuran tekanan, menunjukkan bahwa mesin berada di lingkungan yang akan didinginkan dengan benar. Jadi, katanya, timnya sedang mengerjakan rencana “logika penerbangan” yang memungkinkan rudal diluncurkan tanpa mendapatkan data yang baik dari sensor suhu mesin.

READ  Sebuah studi evolusi menunjukkan bahwa ukuran tubuh manusia dibentuk oleh iklim

“Kami akan melihat semua data lain yang kami miliki dan— [will] Gunakan itu untuk membuat keputusan yang tepat.”

Dengan demikian, rencana NASA saat ini mencakup beberapa pekerjaan di landasan peluncuran hari ini, termasuk memeriksa area di mana kebocoran hidrogen kecil terjadi selama hitungan mundur hari Senin. Kemudian, jika pejabat puas dengan inspeksi tersebut dan alasan penerbangan mereka untuk menangani sensor suhu yang salah, agensi akan memulai penghitungan mundur pada hari Kamis. Pada jadwal ini, operasi pengisian bahan bakar akan dimulai Sabtu pagi, tepat sebelum 14:17 EDT (18:17 UTC) untuk membuka jendela peluncuran dua jam. Untuk memberi tim peluncuran lebih banyak waktu untuk mengatasi masalah pendinginan mesin, proses yang dikenal sebagai “pengkondisian” mesin akan dimulai jauh lebih awal dalam hitungan mundur daripada pada hari Senin.

Tidak segera jelas dari konferensi pers hari Selasa apa implikasinya sama sekali dengan mesin utama yang lebih hangat dari biasanya. Dari sudut pandang fisik, menyalakan bahan bakar yang sangat dingin di mesin yang lebih hangat dari perkiraan kemungkinan akan menyebabkan kerusakan serius pada turbopump RS-25, setidaknya. Agaknya, oleh karena itu, NASA tidak akan meluncurkan roket SLS tanpa kepercayaan yang tinggi pada logika penerbangannya.

NASA memiliki waktu hingga 5 September untuk meluncurkan booster sebelum dilepas dari platform untuk renovasi. Saat tanggal peluncuran 3 September mendekat, badan antariksa akan memantau dengan cermat ramalan cuaca serta mengelola masalah teknis. Meskipun badai petir sering terjadi di sepanjang pantai Florida selama sore musim panas, petugas cuaca Launch Mike Burger mengatakan aliran darat seharusnya cukup kuat akhir pekan ini. Ini akan mendorong angin laut lebih jauh ke pedalaman dan memungkinkan beberapa peluang untuk masuk dalam jendela dua jam. Jika cuaca menolak untuk mencoba, NASA mengambil tindakan untuk mencoba peluncuran 5 September.

READ  Pusat ini mengeluarkan apa yang harus dilakukan dan apa yang harus dihindari untuk mencegah cacar monyet | berita india

Para pejabat bersikeras selama konferensi pers hari Selasa bahwa mereka yakin untuk bergerak maju dengan upaya peluncuran. Meskipun badan antariksa sangat menggembar-gemborkan upaya peluncuran pertama Artemis I pada hari Senin – peluncuran pesawat ruang angkasa Orion tak berawak ke bulan menarik penampilan selebriti, promosi media sosial, dan kunjungan Wakil Presiden Kamala Harris ke Florida Spaceport –NASA belum menyelesaikan tes pengisian bahan bakar.

Meskipun demikian, badan antariksa berharap dapat mengisi bahan bakar roket sepenuhnya pada hari Sabtu dan menghitung sampai T-0 tanpa masalah lebih lanjut.