POSPAPUA

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Seni gua tertua di dunia ditemukan di Indonesia » Explorersweb

Seni gua tertua di dunia ditemukan di Indonesia » Explorersweb

Para ilmuwan telah menemukan lukisan tiga sosok manusia yang mengelilingi babi raksasa di sebuah gua di pulau Sulawesi, Indonesia. Dengan menggunakan teknik baru di mana laser menghilangkan banyak potongan kecil pigmen untuk dianalisis, mereka memperkirakan karya tersebut berasal dari 51.200 tahun yang lalu – 5.000 tahun lebih tua dari lukisan gua tertua yang diketahui.

Mereka menentukan usia karya seni lain di kompleks gua yang sama berusia sekitar 49.000 tahun, 4.000 tahun lebih tua dari perkiraan semula. Banyak model laser yang tidak merusak karya seni secara signifikan, namun memberikan pembacaan yang lebih akurat.

Gambar dari makalah tersebut diterbitkan dalam jurnal 'Nature'. Gambar: Adi Agus Octaviana dkk.

Temuan ini dapat mengubah segalanya tentang pemahaman kita tentang kapan manusia mulai menciptakan seni.

Chris Stringer dari Natural History Museum di London mengatakan: “Penemuan ini memperkuat gagasan bahwa seni representasional pertama kali diproduksi di Afrika 50.000 tahun yang lalu. mengatakan kepada BBC.

“Jika hal tersebut benar, maka banyak sumber bukti baru dari wilayah lain, termasuk Afrika, yang belum muncul… Saya berharap akan ada lebih banyak situs yang dapat diberi tanggal untuk mengkonfirmasi penemuan yang tampaknya penting ini.”

Eropa atau Afrika?

Hingga satu dekade lalu, banyak peneliti percaya bahwa seni figuratif berasal dari Eropa selatan antara 30.000 dan 40.000 tahun yang lalu. Hal ini karena lukisan hewan dan sosok manusia yang terkenal di gua-gua Prancis dan Spanyol berasal dari periode tersebut atau lebih awal. Sampai saat ini, mereka adalah contoh formulir tertua.

Itu semua berubah pada tahun 2014 Para ilmuwan menemukan Representasi yang sama tuanya adalah seni gua di Sulawesi. Penemuan lebih lanjut tentang Kalimantan berasal dari era yang sama.

Seni gua buatan tangan manusia

Pola warna tangan manusia di Sulawesi yang ditemukan pada tahun 2014 merupakan seni gua kuno hingga penemuan baru-baru ini. Foto: Shutterstock

Penelitian baru dari Sulawesi Selatan, Diterbitkan di majalah Alam, membenarkan gagasan ini. Lukisan babi dan manusia yang sederhana kini secara resmi dikenal sebagai seni gua tertua yang diketahui. Beberapa ukiran kuno pada dinding gua di Afrika Selatan hanya memperlihatkan pola geometris, bukan angka.

Foto gua di bukit terjal

Gua tempat lukisan itu ditemukan. Foto: Badan Riset dan Inovasi Nasional (Indonesia).

READ  Komisi Iman dan Ketertiban WCC akan bersidang di Indonesia

“Manusia telah bercerita selama lebih dari 51.200 tahun, namun karena kata-kata tidak dapat diubah menjadi gambar, kita hanya bisa menggunakan cara tidak langsung, seperti menggambarkan adegan dalam seni,” kata Adi Agus Octaviana, Ketua Seni Cadas Indonesia. Kelompok Pakar.

“Seni Sulawesi adalah bukti tertua yang kini diketahui arkeologi.”

Perbatasan baru

Seni Gua Hingga saat ini, para ilmuwan mempelajari endapan mineral yang terbentuk di dinding gua selama ribuan tahun. Dengan teknik lama, sulit untuk mundur karena berbagai lapisan menumpuk. Sederhananya, ini tidak cukup akurat. Hal ini memerlukan sampel seni gua dalam jumlah besar – atau setidaknya, lebih banyak dari jumlah yang diinginkan oleh pihak yang bertugas melestarikan karya tersebut.

Teknik penanggalan baru yang disebut pencitraan laser-ablasi seri-U (seri LA) memiliki beberapa keunggulan dibandingkan pendekatan sebelumnya. Seperti yang dijelaskan para ilmuwan dalam makalah mereka, penanggalan seri LA cepat dan hemat biaya, memerlukan sampel yang lebih kecil, tidak terlalu merusak, dan lebih akurat.

Diharapkan teknik ini dapat melakukan penanggalan ulang pada situs lain di seluruh dunia. Ini adalah contoh lain dari fakta yang sudah lama ada: di dunia arkeologi manusia purba, Sebuah penemuan baruKemajuan terkini atau gadget baru dapat mengubah segalanya sepenuhnya.

Seni gua kuda

Seni gua paling terkenal dari Lascaux, Prancis berusia 17.000 tahun. Foto: Shutterstock