POSPAPUA

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Para menteri di Indonesia mendorong sistem keuangan Islam yang kuat

Para menteri di Indonesia mendorong sistem keuangan Islam yang kuat

JAKARTA (ANTARA) – Dua menteri menyerukan penguatan kelembagaan Komite Nasional Ekonomi dan Keuangan Syariah (KNEKS).

Dalam keterangannya, Kamis, Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Abdullah Azwar Anas mengatakan, pihaknya membahas masalah tersebut dengan Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PAPENAS) Suharzo Monoarpa.

Anas mengatakan penguatan kelembagaan KNEKS dapat berkontribusi terhadap ketahanan perekonomian nasional.

Wakil Presiden Maruf Amin menegaskan kembali komitmen pemerintah terhadap tujuan ini, dan menyatakan harapan pada bulan April bahwa penguatan tata kelola perusahaan KNEKS akan meningkatkan lingkungan ekonomi dan keuangan Islam.

“Hal ini menjadi perhatian pemerintah karena penguatan kelembagaan KNEKS merupakan salah satu upaya menjadikan Indonesia sebagai pusat ekonomi syariah global,” kata Amin.

KNEKS merupakan entitas nonstruktural yang menjalankan tugas dan fungsinya secara independen. Hal ini bertujuan untuk mempercepat, memperluas dan memajukan pengembangan ekonomi dan keuangan syariah untuk membantu memperkuat ketahanan perekonomian nasional.

Anas mengatakan pihaknya telah berkoordinasi dengan beberapa kementerian dan lembaga untuk memperkuat KNEKS.

“Kedepannya kita berharap KNEKS kuat dengan birokrasi yang cepat dan sederhana sehingga mampu menjalankan perintah Presiden dan Wakil Presiden,” ujarnya.

KNEKS akan mengoordinasikan dan mempercepat proyek ekonomi dan keuangan Syariah lintas sektor sesuai dokumen Master Plan.

Sementara itu, Monoarfa menyatakan siap mendukung KNEKS dalam penguatan kelembagaannya.

“Kita mempunyai lembaga ekonomi syariah dan harus ditingkatkan perannya karena ekonomi syariah juga berkontribusi besar terhadap perekonomian,” tambahnya.

Berita terkait: Tata kelola, digitalisasi kunci pertumbuhan asuransi syariah: V.P
Berita terkait: Perbankan Islam Kunci Ekonomi Syariah Indonesia: VP Amin

READ  Tiga mahasiswa Papua menerima beasiswa Universitas Prasetiya Mulya