POSPAPUA

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Sekretariat Kabinet Republik Indonesia |  Presiden Jokowi dan Elon Musk membahas potensi pengembangan investasi di Indonesia

Sekretariat Kabinet Republik Indonesia | Presiden Jokowi dan Elon Musk membahas potensi pengembangan investasi di Indonesia

Presiden Jokowi mengadakan pertemuan dengan CEO SpaceX dan Tesla Elon Musk pada World Water Forum ke-10 yang digelar di Bali International Convention Center (BICC), Kabupaten Badung, Provinsi Bali, Senin (20/05). (Foto: Kantor Pers, Informasi dan Penerangan Sekretariat Presiden)

Presiden Joko “Jokowi” Widodo bertemu dengan CEO SpaceX dan Tesla, Elon Musk, pada World Water Forum ke-10 yang diselenggarakan di Bali International Convention Center (BICC), Kabupaten Badung, Provinsi Bali, pada Senin, 20 Mei 2024, untuk membahas, antara lain, mempercepat transformasi digital Indonesia dan potensi pengembangan investasi Indonesia.

Dalam pertemuan tersebut, Presiden Jokowi menyampaikan apresiasi kepada Musk atas keikutsertaannya sebagai pembicara dalam forum tersebut, dan mereka juga membahas pentingnya sistem pengelolaan air. Presiden Musk juga menyerukan pengembangan lebih lanjut atas investasinya di Indonesia, termasuk perusahaan seperti SpaceX, Tesla, Neuralink, dan Boring.

“Indonesia-nya Pak Musk saat ini sedang menyaksikan percepatan transformasi digital nasional dan terbukanya potensi investasi di sektor infrastruktur, teknologi pemerintahan, ekonomi digital, dan masyarakat digital. Oleh karena itu, kami mengapresiasi dan mendorong perkembangan investasi SpaceX, Tesla, Neuralink dan Membosankan di Indonesia,” kata Presiden Jokowi.

Terkait kerja sama Starlink yang terkelola dengan baik, Presiden Jokowi menyampaikan harapannya agar Starlink dapat bekerja sama dengan penyedia Internet di Indonesia untuk menyediakan akses Internet yang terjangkau, mengutamakan perlindungan konsumen, dan memberikan harga yang lebih murah dalam menggunakan layanan publik, termasuk Puskesmas dan Pusat Kesehatan Sekolah Indonesia di pedesaan.

Dalam tanggapannya, Elon Musk mengaku merasa terhormat bisa berpartisipasi dalam forum tersebut, dan senang berada di Bali. “Kami berharap dapat menyediakan konektivitas Starlink untuk mendukung fasilitas pendidikan dan kesehatan di Indonesia,” kata Musk.

READ  Analisis ING: Perdagangan April yang kuat di Indonesia menunjukkan pemulihan ekonomi

Kunjungan Musk menunjukkan bahwa investor global mempunyai minat yang besar terhadap ekonomi digital Indonesia dan potensi kerja sama di masa depan yang akan mendukung infrastruktur digital di seluruh Indonesia. (Pers, Penerangan dan Penerangan Sekretariat Presiden/DNS) (AW/LW)