POSPAPUA

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Platform Forum Air Dunia untuk kerja sama ekonomi biru: pemerintah RI

Platform Forum Air Dunia untuk kerja sama ekonomi biru: pemerintah RI

Bali (ANTAR) – Forum Air Dunia ke-10 di Bali dapat menjadi platform kerja sama bilateral dan multilateral untuk mempercepat penerapan ekonomi biru, menurut pejabat Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional Indonesia.

“Para pemangku kepentingan, mitra pembangunan, dan negara-negara lain bekerja sama dengan Indonesia dalam mencapai langkah-langkah nyata ekonomi biru yang akan memberikan kesejahteraan bagi masyarakat dan menjadi mesin pertumbuhan ekonomi Indonesia,” kata Wakil Menteri Perekonomian Amalia Adiningar Widyasanti.

Berbicara pada acara paralel World Water Forum 2024 yang diselenggarakan di Nusa Dua, Bali, Minggu, ia mengatakan berdasarkan Peta Jalan Ekonomi Biru Indonesia 2023-2045, ekonomi biru diharapkan mampu menciptakan 12 juta lapangan kerja baru pada tahun 2020. .2030 dan menyediakan energi baru terbarukan hingga 40 kali lebih banyak pada tahun 2050.

Widyasanti mengatakan ekonomi biru dirancang untuk mendukung agenda transformasi ekonomi agar Indonesia bebas dari jebakan negara berpendapatan menengah.

“Tanpa sumber pertumbuhan ekonomi baru, (target) pertumbuhan minimal 6% dalam waktu 20 tahun tidak akan tercapai. Oleh karena itu, Indonesia harus aktif mencari sumber pertumbuhan ekonomi baru,” ujarnya.

Dalam kesempatan yang sama, Deputi Bidang Kelautan dan Sumber Daya Alam Kementerian Vivi Yulaswati menyampaikan harapannya agar permasalahan kelangkaan air dan sistem irigasi di pulau-pulau kecil dapat menjadi topik pembahasan serius pada Forum Air Dunia ke-10.

Ia juga menilai kerja sama antar pihak dapat menjadi solusi permasalahan air akibat perubahan iklim.

“Misalnya ketersediaan infrastruktur irigasi yang mampu mendukung budidaya ikan akan sangat penting bagi kita di masa depan,” tambahnya.

Pemerintah Indonesia dan Dewan Air Dunia menyelenggarakan Forum Air Dunia ke-10 dengan tema “Air untuk Kemakmuran Bersama” pada tanggal 18-25 Mei.

READ  Nasib Ekonomi RI di Tangan Sang Presiden Baru

Para pemimpin dan delegasi global bertukar gagasan untuk menemukan solusi terhadap permasalahan air global melalui forum tersebut. Lebih dari 200 sesi diskusi akan fokus pada peningkatan kemampuan dalam menghadapi berbagai tantangan dalam penyediaan air bersih untuk semua.

Berita Terkait: Presiden Jokowi berangkat ke Bali untuk menghadiri KTT WWF ke-10
Berita Terkait: 1.700 peserta World Water Forum mengikuti ritual Segara Keerthi