POSPAPUA

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Penggerak digital di Indonesia mempunyai dukungan teknis yang besar

Penggerak digital di Indonesia mempunyai dukungan teknis yang besar

Dua tokoh teknologi AS dan seorang tokoh politik terkemuka asal Inggris melakukan kunjungan terpisah ke Jakarta pada bulan April, bertemu dengan Joko “Jokowi” Widodo di istana presiden, dan mempresentasikan proyek-proyek yang sejalan dengan agenda transformasi digital Jokowi.

Ekonomi digital Indonesia diperkirakan bernilai US$125 miliar pada tahun 2025, yang merupakan pangsa terbesar di ASEAN.

Pertama, CEO Apple Tim Cook bertemu dengan Jokowi pada 17 April dan mereka mengumumkan a 74 juta dolar AS Investasi untuk membangun pengembang Apple akademi Untuk bakat digital. Apple sudah memiliki tiga akademi serupa di Indonesia, di Pulau Batam, satu jam perjalanan feri ke selatan Singapura; Tangerang Selatan, kota yang terletak di sebelah barat Jakarta; Surabaya, ibu kota Provinsi Jawa Timur yang termasuk kawasan industri padat penduduk. Apple berniat membangun akademi keempatnya di Bali.

Ide Apple Academies tidak terbatas pada pelatihan teknisi produk saja. Kebijakan ini juga akan mengizinkan impor iPhone dan iPad pra-rakitan di Tiongkok dan Vietnam. Jokowi Kwok menyerukan agar perangkat Apple diproduksi di dalam negeri, menjadikan Indonesia bukan hanya sekedar pasar, tetapi juga penghubung dalam rantai pasokan global. “Kami berbicara tentang keinginan presiden untuk melihat industrialisasi di negara ini dan itu adalah sesuatu yang akan kami pertimbangkan.” Dia memasak Ucapnya tanpa membuat komitmen apa pun.

Presiden juga ingin Apple berinvestasi di ibu kota negara baru, Nusantara, yang sedang dibangun di hutan Kalimantan. Menteri Komunikasi dan Informatika Budi Ari Setiadi mengatakan Apple sedang mempertimbangkan investasi teknologi smart city di ibu kota baru. Dia menambahkan: “Rinciannya masih dalam pembahasan, termasuk insentif.” apel Buddy menyatakan jika perlu.

Sang maestro teknologi juga bertemu dengan presiden terpilih Prabowo Subianto yang akan dilantik pada 20 Oktober mendatang. Cook berjanji kepada Prabowo untuk meningkatkan pengembangan keterampilan, karena Apple Academies di Indonesia telah menghasilkan hampir 2.000 lulusan.

READ  Pengambilan Cepat Bisnis Dunia - Taipei Times

Pada tanggal 30 April, Satya Nadella, CEO… MicrosoftIa mendapat giliran berkonsultasi dengan Jokowi. Perusahaan berencana untuk menginvestasikan US$1,7 miliar selama empat tahun ke depan untuk membangun infrastruktur cloud dan kemampuan AI di Indonesia. Hal ini termasuk melatih 840.000 pekerja di bidang kecerdasan buatan. “Investasi yang kami umumkan hari ini mencakup infrastruktur digital, kemampuan dan dukungan bagi pengembang akan membantu Indonesia maju di era baru ini.” Nadella Hal tersebut ia sampaikan pada acara “Microsoft Build: AI Day”. Raksasa chip Amerika Nvidia Mereka juga dilaporkan berencana untuk menginvestasikan US$200 juta di Solo, provinsi Jawa Tengah untuk membangun pusat kecerdasan buatan.

Sementara itu, tokoh global lainnya berbicara kepada Jokowi. Tony Blair, CEO Tony Blair Institute for Global Change, datang ke istana pada tanggal 18 April untuk membahas bagaimana Indonesia dapat mempercepat transformasi digital dalam birokrasinya. Salah satu topik pertemuan Jokowi dengan mantan Perdana Menteri Inggris itu adalah Teknologi PemerintahDirancang untuk mengintegrasikan sistem pelayanan publik yang berbeda.

Indonesia menghadapi persaingan yang ketat dari mitra-mitranya di ASEAN. Jadi seperti apa lanskap digital di kawasan ASEAN secara luas?

Pemerintahan Jokowi berharap seluruh investasi teknologi yang besar ini akan mendorong transformasi digital, salah satu dari empat pilar cetak biru besar pembangunan nasional Jokowi. Jokowi telah dilantik Teologi Binsar Pandjaitan, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, akan mengkoordinasikan seluruh investasi digital yang melibatkan pihak swasta, BUMN, dan instansi pemerintah. Luhut telah menjadi orang kepercayaan Jokowi untuk berbagai penugasan di banyak sektor.

Indonesia menghadapi persaingan yang ketat dari mitra-mitranya di ASEAN. Jadi seperti apa lanskap digital di kawasan ASEAN secara luas?

READ  Sop bakso di Instagram: (Tidak) membuat gunung dari tahi lalat

Menurut tahun 2022 Laporan dari Institut Urusan Internasional SingapuraTingkat penetrasi internet di sepuluh negara anggota Perhimpunan Bangsa-Bangsa Asia Tenggara (ASEAN) adalah 75 persen, dan angka ini terus meningkat. Wilayah ini memperoleh 60 juta pengguna baru layanan digital pada tahun 2020 saja. Selama sepuluh tahun ke depan, ekonomi digital ASEAN diperkirakan akan menambah PDB regional hingga US$1 triliun.

Untuk mendorong ekonomi digital, Perhimpunan Bangsa-Bangsa Asia Tenggara (ASEAN) pada tahun 2021 meluncurkan Rencana Induk Digital ASEAN 2025. Rencana tersebut bertujuan untuk menjadikan ASEAN “komunitas digital dan blok ekonomi terkemuka, yang didukung oleh layanan, teknologi, dan teknologi digital yang aman dan transformatif. ekosistem.”

Singapura adalah negara paling kompetitif secara digital kelima di dunia, menurut IMD Global Digital Competitiveness Ranking. 80% dari 100 perusahaan teknologi terbesar berlokasi di negara-kota. Proses transformasi digital dimulai pada tahun 1981 dengan National Computing Program di Singapura. Pada tahun 2014, Smart Nation Initiative memperkuat kapasitas digitalnya dan menjadi bagian integral dari kehidupan sehari-hari masyarakatnya.

Thailand mempunyai koneksi Internet tetap tercepat di dunia dan koneksi seluler tercepat kedua di Asia Tenggara. Untuk menyediakan akses Internet bagi penduduk pedesaan dan berpenghasilan rendah, pemerintah Thailand membentuk skema “Internet Siaran Desa” yang menyediakan akses broadband ke daerah-daerah terpencil. Jaringan kabel fiber telah dipasang di lebih dari 24.000 desa di Thailand.

Melalui Program Transformasi Digital Nasional yang diperkenalkan pada tahun 2021, Vietnam bermaksud untuk menjadikan sebagian besar layanan pemerintah menjadi online, dimana 50% negaranya memiliki rekening bank digital dan 70% transaksi konsumen dilakukan melalui sarana digital, semuanya pada tahun 2025. Vietnam adalah negara yang negara Peringkat teratas di ASEAN dalam pembuatan, pemeliharaan, dan penskalaan sistem komputer dan perangkat lunak.

READ  Pertumbuhan ekonomi di India, Cina, dan Indonesia tidak akan terlalu terpengaruh: Peringkat Global S&P

Ekonomi digital Indonesia diperkirakan bernilai US$125 miliar pada tahun 2025, yang merupakan pangsa terbesar di ASEAN. Tingkat penetrasi internet lebih dari 70 persen untuk populasi negara yang berjumlah 275 juta orang. Namun Indonesia belum memperluas konektivitas ke pulau-pulau kecil terluar, yang kekurangan infrastruktur digital. Presiden mendatang, Prabowo, menghadapi tantangan untuk memperbaiki masalah ini, dengan bantuan perusahaan-perusahaan teknologi besar.