POSPAPUA

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Sebuah universitas di Belgia memutuskan hubungan dengan institusi Israel karena perang di Gaza

TEMPO.CO, JakartaPusat Informasi Palestina mengonfirmasi bahwa Free University of Brussels di Belgia mengumumkan penarikannya dari proyek ilmiah tentang kecerdasan buatan yang melibatkan dua institusi Israel. Tampaknya Liga Belgia memutuskan mundur mengingat kekejaman yang dilakukan Israel terhadap Palestina Gaza.

Universitas menjelaskan dalam pernyataan yang dikeluarkan pada hari Rabu bahwa keputusan untuk menarik diri dari proyek ilmiah tersebut diambil setelah evaluasi yang dilakukan oleh Komite Etik. Free University of Brussels kemudian mengatakan bahwa keputusan tersebut diambil berdasarkan perkembangan terkini di Gaza. Komite Etik juga memutuskan untuk melakukan tinjauan komprehensif terhadap semua proyek penelitian yang diikuti oleh mitra Israel.

Universitas tidak menjalin kerja sama bilateral apa pun dengan Israel. Universitas tersebut mengatakan dalam pernyataannya bahwa mereka bertekad untuk melanjutkan kemitraannya dengan lembaga-lembaga Palestina. Mahasiswa dari universitas tersebut berpartisipasi dalam protes pro-Palestina di kampus yang dimulai di Amerika Serikat dan meluas ke Eropa, mengecam serangan militer Israel di Gaza.

Sebelumnya, pada Februari 2024, empat universitas di Norwegia memutuskan hubungan dengan universitas Israel. Universitas-universitas ini termasuk Universitas Metropolitan Oslo (OsloMet), Universitas Bergen, Universitas Norwegia Tenggara, dan Sekolah Arsitektur Bergen. Salah satu universitas yang mengambil langkah ini, OsloMet, mengumumkan berakhirnya hubungannya dengan Universitas Haifa dan berkomitmen untuk tidak melakukan kerja sama baru dengan universitas-universitas Israel yang berpartisipasi dalam perang.

Mereka juga berjanji untuk berhenti membeli kontrak dengan vendor yang terkait dengan tentara Israel atau pemukiman ilegal. Universitas Norwegia Tenggara juga mengikuti langkah yang sama dengan memutuskan hubungan dengan Universitas Haifa dan Hadassah Academic College.

Pemantau Timur Tengah | Lapangan

Pilihan Editor: Indonesia bermaksud memperkuat kerja sama pembangunan dengan Papua Nugini

READ  Taliban Merasa 'Dikhianati' Saat Militer AS Menonaktifkan Helikopter dan Pesawat Sebelum Meninggalkan Afghanistan, South Asia News

klik disini ke Mendapat Update berita terkini dari Tempo di Google News