POSPAPUA

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Sao Paulo GP, Formula 1 Sprint: Kesimpulan koordinasi baru dan apa yang menanti Max Verstappen dan Lewis Hamilton

F1 Sprint muncul untuk ketiga kalinya akhir pekan ini, karena jadwal diubah dan ‘balapan’ kecil lainnya diperkenalkan; Tapi apa yang telah kita pelajari sejauh ini, mengapa Max Verstappen dan Lewis Hamilton bertabrakan, dan apa yang akan terjadi di Brasil? Tonton setiap sesi secara langsung di Sky F1

Pembaruan terakhir: 11/12/21 11:25

Apa yang terjadi sejauh ini?

Format Sprint memulai debutnya di Grand Prix Inggris pada bulan Juli dengan balapan 17 putaran kecil di depan Grand Prix Italia 18 putaran, keduanya menawarkan balapan yang cepat dan ganas serta momen-momen menyentuh musim ini.

Di Silverstone, Max Verstappen memanfaatkan awal buruk Lewis Hamilton untuk melepaskan diri dari saingannya dan memenangkan event pertama, sehingga menjadi pusat perhatian di Grand Prix hari Minggu. Hamilton juga lolos dengan buruk di Monza, tergelincir dari urutan kedua ke urutan kelima, dengan Valtteri Bottas memenangkan sprint setelah dia juga memuncaki kualifikasi.

F1 Sprint: Hasil sejauh ini

GP Inggris
1) Max Verstappen, Red Bull
2) Lewis Hamilton, Mercedes
3) Valtteri Bottas, Mercedes
GP Italia
1) Valtteri Bottas, Mercedes
2) Max Verstappen, Red Bull
3) Daniel Ricciardo McLaren

Dengan berhenti yang tidak perlu dan tidak bijaksana, dan strategi ban untuk sebagian besar identik, menyalip di trek tidak selalu yang termudah (meskipun ini dikatakan Fernando Alonso yang memiliki enam tempat di kedua balapan), tetapi apa sprint disajikan di hari Sabtu kualifikasi menggantikan variabel besar lainnya dalam hal memulai balapan, yang keduanya memiliki efek penting pada akhir pekan, dan kejuaraan secara keseluruhan…

  • Ada jam kualifikasi dan formatnya tetap seperti biasa (Q1, Q2, Q3), tetapi itu terjadi pada Jumat malam, bukan pada hari Sabtu, dan grid ditetapkan untuk Sprint F1 pada hari Sabtu. Satu-satunya perubahan besar adalah pembalap hanya diperbolehkan menggunakan ban lunak untuk satu sesi.
  • F1 Sprint adalah balapan dengan panjang lebih dari 100km – sekitar sepertiga dari jarak balapan F1 pada umumnya – dan akan ada jumlah putaran minimum lebih dari 100km. Jadi balapan harus 24 lap.
  • Tiga pembalap teratas dari Sprint akan menerima poin; Tiga poin untuk pemenang, dua poin untuk peringkat kedua, dan satu poin untuk peringkat ketiga.
  • Urutan akhir dari F1 Sprint kemudian akan menentukan grid untuk GP Sao Paulo hari Minggu – yang tetap menjadi acara utama akhir pekan dengan format balap dan sistem poin yang biasa.
  • Ada sesi latihan untuk akhir pekan, tetapi hanya ada dua sesi, bukan tiga sesi seperti biasanya. Mereka berlangsung pada hari Jumat sebelum kualifikasi, dan pada hari Sabtu sebelum Sprint F1.

Verstappen bertabrakan dengan Hamilton – dua kali – saat McLaren untung

Sementara kedua pembalap benar untuk menyangkal bahwa kecelakaan mereka banyak berkaitan dengan Sprint itu sendiri, faktanya adalah bahwa saingan gelar Verstappen dan Hamilton telah jatuh dua kali tahun ini – kedua kali pada hari Minggu setelah Sprint Sabtu.

Sekarang mari kita jelaskan bagaimana Sprint memiliki peran untuk dimainkan.

Start lambat Lewis Hamilton memungkinkan Max Verstappen memimpin pada putaran pertama Grand Prix Inggris

Harap gunakan browser Chrome untuk pemutar video yang dapat diakses

Start lambat Lewis Hamilton memungkinkan Max Verstappen memimpin pada putaran pertama Grand Prix Inggris

Start lambat Lewis Hamilton memungkinkan Max Verstappen memimpin pada putaran pertama Grand Prix Inggris

Di Silverstone, benih untuk kecelakaan besar ini ditaburkan pada hari Minggu oleh perjuangan Verstappen dan Hamilton di lap pertama Sprint. Verstappen unggul dari Hamilton di awal sebelum keduanya bertarung ketat melalui tikungan berikutnya, dengan Hamilton kemudian mengendus menyalip dengan kecepatan tinggi. Namun, Verstappen memaksa tuan rumah favorit jauh-jauh dari luar dengan memblokir dari dalam, membuat operan menjadi mustahil. Dia akan terus memenangkan sprint dengan nyaman.

Max Verstappen menabrak rintangan setelah bertabrakan dengan Lewis Hamilton selama putaran pertama Grand Prix Inggris, yang mengakibatkan bendera merah

Harap gunakan browser Chrome untuk pemutar video yang dapat diakses

Max Verstappen menabrak rintangan setelah bertabrakan dengan Lewis Hamilton selama putaran pertama Grand Prix Inggris, yang mengakibatkan bendera merah

Max Verstappen menabrak rintangan setelah bertabrakan dengan Lewis Hamilton selama putaran pertama Grand Prix Inggris, yang mengakibatkan bendera merah

Jadi itu sangat hadir dalam memori balapan hari Minggu – kurang dari 24 jam kemudian – dan pasangan ini, mengetahui posisi trek sangat penting, bahkan lebih agresif dalam gesekan roda-ke-roda melalui tikungan terbuka. Kemudian datang menjelang Copse, dan Verstappen memasukkan mobilnya kembali ke dalam, mendorong Hamilton untuk mengambil gerakan sulit itu di luar lagi. Tapi kali ini Hamilton menekan mobilnya ke dalam, dan ketika dia mendekati saingannya, dia tidak mundur. Pasangan ini melakukan kontak dengan Verstappen mengirimkan pengalihan ke rintangan dan keluar dari perlombaan.

Hamilton dianugerahi penalti tetapi kemudian menang, memberikan pukulan 25 poin besar-besaran di Kejuaraan Pembalap yang masih bertahan sampai sekarang.

Max Verstappen bergerak bersama Lewis Hamilton setelah berhenti dan pasangan itu bertabrakan di chikany pertama, menyebabkan mereka jatuh di pantai dengan kerikil!!

Harap gunakan browser Chrome untuk pemutar video yang dapat diakses

Max Verstappen bergerak bersama Lewis Hamilton setelah berhenti dan pasangan itu bertabrakan di chikany pertama, menyebabkan mereka jatuh di pantai dengan kerikil!!

Max Verstappen bergerak bersama Lewis Hamilton setelah berhenti dan pasangan itu bertabrakan di chikany pertama, menyebabkan mereka jatuh di pantai dengan kerikil!!

Diakui, kecelakaan Monza tidak ada hubungannya dengan Sprint dan lebih banyak lagi pada pit stop yang sangat lambat untuk Verstappen, tetapi penantang gelar tidak akan mencapai posisi itu tanpa Sprint, yang menggeser klasemen kualifikasi.

Kemungkinan besar McLaren tidak akan memenangkan balapan.

Daniel Ricciardo lolos kelima pada hari Jumat di Monza tetapi naik ke urutan ketiga dalam sprint sprint dengan awal yang baik, dan itu mencetak tempat kedua pada hari Minggu berkat tendangan penalti dari Bottas. Setelah start kuat lainnya untuk menyalip Verstappen, Verstappen dan Hamilton bertabrakan, pembalap Australia itu akan mengklaim kemenangan Formula Satu pertama McLaren sejak 2012.

Jadi ada efek baru untuk 2021 sejauh ini.

Statistik utama sejauh ini

Dengan tempat pertamanya di Inggris Raya dan kedua di Italia, Verstappen memiliki poin terbanyak dari Sprints dengan lima – dengan hanya empat pembalap yang menempati posisi tiga pencetak angka teratas sejauh ini.

F1 Sprint: Mencetak Poin

Max Verstappen, Red Bull 5
Valtteri Bottas, Mercedes 4
Lewis Hamilton, Mercedes 2
Daniel Ricciardo, McLaren 1

Verstappen juga melakukan sprint paling banyak dibandingkan dengan Hamilton dalam hal posisi yang diperoleh dari kualifikasi, pada kedua kesempatan itu naik satu tempat sementara Hamilton kalah satu kali di Silverstone (peringkat 1) dan tiga di Monza (ke-2 ke 5).

Tetapi Alonso yang disebutkan di atas adalah pemenang besar dalam hal ini, naik total enam tempat melalui dua acara. Dia memulai dari posisi ke-11 di Silverstone dan menggunakan ban lunak dengan cemerlang untuk finis di posisi ketujuh, sambil bergerak dari posisi ke-13 ke posisi ke-11 pada balapan kedua.

Sergio Perez dan Pierre Gasly kehilangan sebagian besar posisi karena DNF masing-masing.

F1 Sprint: Posisi diperoleh/hilang dari slot grid yang memenuhi syarat

Fernando Alonso, Pegunungan Alpen +6
Esteban Ocon, Pegunungan Alpen +4
Kimi Raikkonen, Alfa Romeo +4
Nikita Mazepin, Hass +4
Daniel Ricciardo, McLaren +3
Lance Stroll, Aston Martin +3
Nicholas Latifi Williams +3
Max Verstappen, Red Bull +2
Charles Leclerc, Ferrari +2
Lando Norris, McLaren +1
Sebastian Vettel, Aston Martin +1
Yuki Tsunoda, Alpha Toure +1
Antonio Giovinazzi, Alfa Romeo +1
Robert Kubica, Alfa Romeo +1
Valtteri Bottas, Mercedes
Saya Schumacher, Haas
George Russell Williams
Carlos Sainz, Ferrari -2
Lewis Hamilton, Mercedes -4
Pierre Gasly, AlphaTauri -14 (DNF di Monza)
Sergio Perez, Red Bull -15 (DNF di Silverstone)

Apa yang Anda harapkan dari Brasil?

Interlagos kaya akan sejarah dan menjadi favorit para pebalap, terutama Hamilton dan Verstappen yang keduanya berlari dengan baik – dan memiliki momen besar dalam karier mereka – di sana. Kedua penantang gelar telah memenangkan dua dari empat balapan terakhir di Sao Paulo, meskipun Hamilton dan Mercedes berharap desainnya lebih sesuai dengan Red Bull musim ini.

Tapi Hamilton tidak terlalu optimis tentang akhir pekan ketika dia berbicara kepada media pada hari Kamis.

Dia menjawab sebuah pertanyaan, “Tidak akan menguntungkan Anda jika mereka lebih cepat.”

Four To Go: Bagaimana Dia Berdiri Dalam Pengejaran Judul

pengemudi poin
1) Max Verstappen 312.5
2) Lewis Hamilton 293.5
pembangun
1) Mercedes 478.5
2) Banteng Merah 477.5

Dia kemudian menambahkan, “Ini bukan trek yang bagus untuk disalip. Tentu saja Anda memiliki trek yang panjang, tapi saya pikir itu dekat dengan salah satu tempat tersulit untuk disalip tahun ini.

“Saya pikir Anda harus memiliki sesuatu seperti keunggulan 1,1 detik untuk memiliki peluang 50% menyalip mobil di depan Anda.”

Apa yang Brasil katakan kepada kami selama bertahun-tahun adalah bahwa dramanya tidak jauh dari itu, karena Hamilton akan tahu dari kemenangan sudut terakhirnya yang menakjubkan pada tahun 2008, dan Verstappen dari kecelakaannya pada tahun 2018 dengan Esteban Ocon.

Dengan hanya 19 poin yang memisahkan penantang gelar dan 29 poin bermain di Interlagos akhir pekan ini, jangan kaget melihat Sprint hari Sabtu membuat dampak besar lainnya.

READ  Waktu sesi GP Italia dikonfirmasi - termasuk Sprint F1 di Monza