POSPAPUA

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Saima Wajid, putri Perdana Menteri Bangladesh Sheikh Hasina, terpilih sebagai Direktur Regional WHO untuk Asia Tenggara

Saima Wajid, putri Perdana Menteri Bangladesh Sheikh Hasina, terpilih sebagai Direktur Regional WHO untuk Asia Tenggara

Saima Wajid terpilih sebagai Direktur Regional kantor WHO Asia Tenggara. Ditampilkan dalam putri Perdana Menteri Bangladesh Sheikh Hasina.

Diperbarui pada 2 November 2023 | 22:22 EST

Saima Wazed, putri Perdana Menteri Bangladesh Sheikh Hasina, terpilih menjadi Direktur Regional WHO untuk Asia Tenggara (Foto: X/@drSaimaWazed)

Dia adalah pihak yang tidak diunggulkan; Pesaingnya adalah seorang direktur di Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), dan karena itu merupakan “orang dalam”, namun hal ini tetap merupakan kemenangan komprehensif. Direktur Regional WHO untuk Asia Tenggara yang baru adalah Saima Wajid, putri Sheikh Hasina, Perdana Menteri Bangladesh. Ayah Saima Wajid, mendiang Dr M. Wajid, seorang fisikawan nuklir.

Saima Wajid, psikolog yang pernah menangani anak autis, menang mudah dengan selisih 8-2. Dia adalah orang Bangladesh pertama yang memegang posisi ini. Pemilu diadakan kemarin di New Delhi, dan para pemilihnya adalah Bangladesh, Bhutan, Korea Utara, India, india, Maladewa, Nepal, Sri Lanka, Thailand dan Timor Timur. Myanmar, negara kesebelas, tidak berpartisipasi.

Wajid mengalahkan Sambo Acharya dari Nepal, dan setelah kemenangannya, dia memujinya dan “karirnya yang panjang dan cemerlang” serta “pengetahuan dan pengalamannya.” Ia juga berterima kasih kepada pendahulunya, Dr. Poonam Khetarpal Singh, dan berbicara tentang upayanya untuk “membangun Asia Tenggara yang lebih sehat.”

Wajid telah menghabiskan waktu bertahun-tahun menangani anak-anak autis, memastikan mereka mendapatkan semua bantuan yang mereka butuhkan. Dia juga menyelenggarakan Pertemuan Regional Asia Selatan tentang Autisme di Dhaka pada tahun 2011. Sonia Gandhi, presiden konferensi tersebut, adalah salah satu pesertanya.

READ  Indonesia Rayakan Hari Nasional di Expo 2020 Dubai