POSPAPUA

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Saham teknologi termurah di dunia

Pasar sedang mengalami masa sulit menjelang akhir tahun 2022. Kami tahu sentimen rapuh dan saham yang sedang berkembang seperti perusahaan teknologi pasti merasakan kesulitan. Tetapi penggunaan teknologi kami tentu saja tidak menurun, dan peluang masyarakat untuk mundur ke dunia analog (semoga) tipis.

Dengan demikian, ada sejumlah perusahaan teknologi yang melakukan perdagangan dengan harga diskon – terutama jika kita membandingkannya dengan harga 2021, beberapa di antaranya telah naik tinggi di ujung lain spektrum.

Ini adalah beberapa saham termurah yang terdaftar di liputan Morningstar yang menurut analis kami memiliki ruang untuk pertumbuhan. Kami memfilter saham teknologi berdasarkan harga/nilai wajar, yaitu seberapa jauh lebih murah daripada yang menurut analis kami layak.

Apa itu saham teknologi?

Awal minggu ini, kolega saya James Jard menyelami apa artinya menjadi saham teknologi. Bagaimana kita bisa melihat kayu dari pohon ketika segala sesuatu di sekitar kita diaktifkan, dinonaktifkan, disederhanakan, dan inovatif secara digital?

Sebagai investor, salah satu sistem pemeringkatan adalah Industry Classification Benchmark (ICB) FTSE Russell dan yang lainnya adalah Global Industry Classification Standard (GICS) MSCI. Morningstar membagi saham menjadi segmen ultra-siklus, defensif dan sensitif, dengan 145 industri. “Teknologi” termasuk dalam sektor sensitif dan termasuk penyedia layanan TI, perusahaan perangkat lunak dan perangkat keras, dan perusahaan keamanan siber, untuk beberapa nama. Di dalam Morningstar Direct, pengguna dapat menemukan 9.116 saham yang terdaftar di Inggris – lebih dari 1.000 di antaranya diklasifikasikan sebagai teknologi.

Beberapa nama teknologi terbesar berlokasi di Amerika Serikat, banyak di antaranya terdaftar di Nasdaq, yang bagi banyak orang telah menjadi identik dengan teknologi Amerika dan ledakan teknologi selama beberapa dekade. Indeks Teknologi Global Morningstar Ini memiliki 988 kepemilikan: Saham AS membentuk sekitar 75% dari indeks, sementara Apple (APPL) memiliki hampir 20% sendiri.

READ  Bagaimana perusahaan teknologi besar bekerja melawan tuntutan hukum dan investigasi AS

saham teknologi termurah

Daftar saham ini mencakup 12 saham yang diperdagangkan dengan diskon terbesar bila dibandingkan dengan perkiraan nilai wajar (12 bukannya 10 untuk menyertakan saham berbasis luas, Taiwan Semiconductor Manufacturing Co (TSMC) (2330), dan satu saham Eropa, Prancis Garis Dunia (WLN).

Menemukan kesepakatan di bidang teknologi tidak terlalu sulit saat ini, karena aksi jual yang kita lihat tahun ini. Meskipun daftar ini berisi 12 saham, ada 37 saham dengan nilai wajar/harga kurang dari 0,60, yang berarti mereka diperdagangkan dengan diskon lebih dari 40%. Selanjutnya, 39 saham memiliki peringkat Bintang Kejora 5. Lima saham termurah berada di Amerika Serikat, Australia, dan Taiwan – dan empat di antaranya memiliki parit ekonomi yang sempit.

Pembayaran EML (EML)

EML, stok teknologi termurah yang tersedia saat ini, adalah solusi pembayaran yang memungkinkan pelanggan untuk memfasilitasi dan menerima pembayaran melalui kartu prabayar atau secara real time. Dia pada dasarnya mendapatkan uang dengan memotong transaksi pembayaran. Namun, fintech Australia memiliki tahun fiskal 2022 yang beragam karena laba bersih yang mendasarinya turun tidak berubah, dan analis Morningstar memangkas perkiraan nilai wajar karena biaya operasional yang lebih tinggi diharapkan untuk mengimbangi pertumbuhan volume utang yang lebih kuat.

Analis ekuitas Sean Lear percaya bahwa profitabilitas akan meningkat dari waktu ke waktu: “Perkiraan pertumbuhan pendapatan baik tanpa penurunan jalur penjualan dan tingkat konversi. Selain memenangkan pelanggan baru, EML bertujuan untuk meluncurkan program baru dengan pelanggan yang sudah ada, termasuk organisasi tepercaya Seperti Inggris Raya Kantor pusat.”

mengangkat (LYFT)

Lyft, penyedia layanan berbagi perjalanan terbesar kedua di AS, memiliki peringkat parit yang ketat berkat efek jaringan di sekitar platform, penumpang, data perjalanan, dan pemetaannya. Ini berfokus pada taksi, berbagi perjalanan, sepeda, dan skuter. Saat ini, perusahaan diperdagangkan dengan diskon 79%, jauh di bawah harga IPO.

READ  Program Inkubasi Teknologi UConn Terus Berkembang

Namun, Kepala Analis Ekuitas Morningstar Ali Al Maghribi mengharapkan perusahaan menjadi menguntungkan pada tahun 2024: “Kami percaya pertumbuhan ini akan didorong oleh pemulihan ekonomi pasca-pandemi, ekspansi berkelanjutan perusahaan ke lebih banyak pasar, dan peningkatan adopsi karena perusahaan menarik lebih banyak Kami juga percaya bahwa berbagi perjalanan dapat menghasilkan pendapatan dari transportasi umum, yang kami perhitungkan dalam perkiraan kami.”

MediaTek (2454)

MediaTek Taiwan adalah perusahaan semikonduktor “Fables” terbesar kelima dan pendapatan terbesar di Asia. Ini memiliki pasar yang diperkuat di smartphone kelas menengah dan 70% pangsa pasar di TV System on Chips (SoCs). Ini memiliki pangsa pasar yang tinggi, tetapi persaingan dari perusahaan seperti Apple dan Samsung memberi tekanan pada MediaTek karena keduanya merancang SoC secara internal. Namun, perusahaan mampu menawarkan penyesuaian yang tak tertandingi kepada kliennya, dan itulah kekuatannya.

Analis Ekuitas Felix Lee berkomentar, “MediaTek telah memperkuat reputasinya sebagai pemasok yang andal untuk SoC dan telah membangun hubungan yang kuat dengan pelanggan, termasuk produsen smartphone, dengan menyediakan desain referensi selama lebih dari 20 tahun. Ini dikombinasikan dengan pengetahuan arsitektur MediaTek berfungsi sebagai Hambatan Utama untuk Desainer SoC Baru”.

CincinTengah (RNG)

RingCentral adalah penyedia Unified Communications as a Service (UCaaS) Amerika. Ini memungkinkan komunikasi dan kolaborasi berbasis cloud melalui fungsi perpesanan, video, dan telepon. Pengguna diberi satu nomor telepon dan profil bisnis yang memungkinkan mereka terhubung ke jaringan bisnis dari perangkat dan lokasi mana pun. Bidang ini sangat kompetitif, dengan pemain utama seperti Microsoft, Zoom dan Cisco, tetapi Morningstar mengharapkan pasar untuk memasukkan beberapa “kolaborasi” dan mendukung banyak pemenang.

Dan Romanoff, kepala analis ekuitas, yakin RingCentral siap untuk sukses karena UCaaS telah menjadi standar komunikasi bisnis. “Dalam pandangan kami, adhesi pelanggan yang kuat dan penarik sekuler akan mendorong peningkatan pengembalian modal untuk RingCentral selama 10 tahun ke depan, terutama karena margin meningkat seiring ekspansi perusahaan.”

READ  Analis Forrester mengklasifikasikan VM sebagai teknologi "ketinggalan zaman atau berisiko" • Sejarah

Uber (Uber)

Sebagai penyedia layanan berbagi tumpangan berdasarkan permintaan terbesar di dunia (di luar China), pengemudi Uber telah menyelesaikan perjalanan yang melebihi miliaran mil. Dengan jaringan yang luas dan jumlah data pengguna yang sangat besar, perusahaan harus dapat meningkatkan layanannya juga, bahkan dengan meningkatnya persaingan dari perusahaan seperti Lyft.

“Kami berharap pendapatan bersih tumbuh lebih cepat daripada bagian dari biaya pendapatan Uber, termasuk hosting, pemrosesan transaksi, dan biaya asuransi, yang akan menghasilkan ekspansi margin kotor,” kata Magrabi. “Di bawah model arus kas diskon 10 tahun, kami berasumsi bahwa perusahaan akan mulai menghasilkan pendapatan operasional pada tahun 2024 dan mengharapkan margin operasi meningkat menjadi 17% pada tahun 2031.”