POSPAPUA

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Saham China ditutup karena situasi COVID membaik di Shanghai, raksasa teknologi naik

Saham China ditutup lebih tinggi pada hari Selasa, karena Shanghai mencapai tonggak penting terkait COVID-19 yang diperlukan untuk melonggarkan pembatasan, sementara saham raksasa teknologi dan saham Hong Kong membukukan lompatan terbesar mereka dalam enam minggu setelah laporan pertemuan oleh badan penasihat politik terkemuka. mempromosikan. Ekonomi digital.

Baik perusahaan internet yang terdaftar di Hong Kong dan Indeks Hang Seng naik paling tinggi sejak 29 April, ketika pihak berwenang berjanji pada pertemuan Politbiro tingkat tinggi untuk meningkatkan dukungan kebijakan guna menstabilkan ekonomi dan pasar keuangan.

** Indeks CSI300 terkemuka ditutup 1,3% lebih tinggi pada 4005,89, sedangkan Shanghai Composite Index naik 0,7% menjadi 3.093,70 poin.

** Indeks Hang Seng naik 3,3% menjadi 20602,52, sedangkan Indeks China Enterprises naik 3,7% menjadi 7.076,80 poin.

**Shanghai telah melaporkan pencapaian yang telah lama ditunggu-tunggu selama tiga hari berturut-turut tanpa ada kasus COVID-19 baru di luar area karantina – kasus ‘nol COVID’. Jumlah kasus secara nasional juga telah turun, dengan 1.100 kasus baru dilaporkan pada hari Senin, turun dari 1.227 infeksi pada hari Minggu.

** Shanghai berencana untuk melanjutkan kegiatan di luar ruangan secara bertahap, dengan sebagian besar pembatasan pergerakan tetap berlaku hingga 21 Mei. Penutupan itu kemungkinan akan dicabut pada Juni.

** “Kabar baiknya adalah jumlah kasus utama COVID-19 menurun, tetapi kami belum mencapai titik kritis,” tulis Nomura dalam sebuah catatan.

** “Prospek fundamental ekonomi dan sebagian besar aset keuangan dalam beberapa bulan mendatang akan sangat ditentukan oleh sikap Beijing pada strategi bebas COVID daripada jumlah kasus harian.”

** Perencana negara China mengatakan pada hari Selasa bahwa pihaknya akan meningkatkan dukungan untuk produsen, sektor jasa dan usaha kecil, karena aktivitas ritel dan pabrik di negara itu turun tajam pada April karena penutupan yang meluas.

READ  Orlando Bravo memperingatkan bahwa 'lebih banyak rasa sakit akan datang' untuk sektor teknologi

** Semikonduktor dan perusahaan energi baru masing-masing naik 3,6%, dan mobil naik 4,2%.

** Sumber mengatakan kepada Reuters bahwa Wakil Perdana Menteri China Liu He dijadwalkan untuk berbicara pada pertemuan pada hari Selasa dengan para eksekutif teknologi yang diadakan oleh badan penasihat politik utama negara itu untuk mempromosikan pengembangan ekonomi digital.

** Pertemuan itu diawasi ketat untuk pernyataan Liu dan yang lainnya untuk petunjuk tentang seberapa jauh otoritas China akan mengurangi tindakan keras regulasi pada sektor teknologi yang telah ada sejak akhir 2020.

** Analis JPMorgan meningkatkan beberapa perusahaan internet China pada hari Senin, dan memperkirakan “ketidakpastian signifikan” yang dihadapi sektor ini akan surut setelah pengumuman peraturan positif baru-baru ini.

** Hang Seng Tech naik 5,8%, Alibaba Group, Tencent Holdings dan Meituan naik antara 5,2% dan 7%. (Laporan oleh Shanghai Newsroom; Diedit oleh Uttaresh.V dan Krishna Chandra Eluri)