POSPAPUA

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

RUU Larangan Tembakau Malaysia, PDB Singapura, Pemilu Selandia Baru

RUU Larangan Tembakau Malaysia, PDB Singapura, Pemilu Selandia Baru

Selamat datang di minggu Anda di Asia.

Taiwan akan merayakan Hari Nasionalnya pada hari Selasa ketika Presiden Tsai Ing-wen menyampaikan pidato terakhirnya di panggung tahunan.

Malaysia diperkirakan akan mengajukan amandemen RUU Pengendalian Tembakau pada hari Rabu dan Anggaran 2024 pada hari Jumat, sementara Selandia Baru akan mengadakan pemilihan umum pada hari Sabtu.

Dapatkan liputan terbaik kami di Asia dan lebih banyak lagi dengan mengikuti kami di X, sebelumnya Twitter @NikkeiAsia.

Senin

Perusahaan energi terbarukan Indonesia Pareto telah mulai memperdagangkan sahamnya untuk pertama kalinya

Pareto Renewable Energy, unit panas bumi dari perusahaan energi Indonesia Pareto Pacific, akan memulai debutnya di Bursa Efek Indonesia setelah mengumpulkan dana sebesar Rp3,13 triliun ($200,4 juta) dalam penawaran umum perdana baru-baru ini. Perusahaan mengoperasikan tiga pembangkit listrik tenaga panas bumi di provinsi Jawa Barat, dan berharap dapat mencapai pertumbuhan lebih lanjut di bidang energi.

Selasa

Taiwan mengadakan perayaan Hari Nasional

Taiwan merayakan Hari Nasionalnya. Presiden Tsai Ing-wen dijadwalkan menyampaikan pidato terakhirnya pada Hari Nasional, karena ia akan mengundurkan diri dari jabatannya pada Mei mendatang setelah delapan tahun menjabat. Hari tersebut – yang memperingati Pemberontakan Wuchang tahun 1911 di Tiongkok yang menyebabkan berakhirnya dinasti kekaisaran Qing – diperkenalkan setelah rezim Republik Tiongkok meninggalkan daratan dan mulai memerintah pulau tersebut.

Dana Moneter Internasional: Outlook Ekonomi Dunia

Dana Moneter Internasional (IMF) akan memperbarui prakiraannya terhadap perekonomian global setelah ketahanan ekonomi yang mengejutkan dan kemajuan dalam memperlambat inflasi mengurangi kemungkinan terjadinya resesi global, sementara risiko dari kesulitan ekonomi Tiongkok dan perang Rusia di Ukraina masih membayangi dunia.

Rabu

Bursa Efek Tokyo mulai memperdagangkan kredit karbon

READ  Bank Dunia memperkuat dukungannya kepada Tonga untuk membangun ketahanan dan meningkatkan kesiapsiagaan bencana - Tonga

Bursa Efek Tokyo akan membuka pasar untuk perdagangan kredit karbon yang disetujui pemerintah, yang disebut J-Credits, yang diperoleh melalui kegiatan yang mengurangi emisi seperti penggunaan energi terbarukan atau pengelolaan hutan. 188 perusahaan, lembaga keuangan dan pemerintah daerah telah mendaftar untuk berpartisipasi. Peluncuran ini dilakukan seiring meningkatnya permintaan perdagangan emisi di antara perusahaan-perusahaan Jepang, dan diharapkan dapat meningkatkan transparansi perdagangan kredit karbon di Jepang, yang kini dilakukan berdasarkan negosiasi.

Malaysia mengusulkan amandemen undang-undang tembakau

Menteri Kesehatan Malaysia akan memperkenalkan amandemen Undang-undang Tembakau. Ini adalah bagian dari kebijakan End of Generations yang bertujuan untuk membatasi produk tembakau bagi orang yang lahir setelah tahun 2007. Nikotin cair atau gel nikotin telah dikecualikan dari Undang-Undang Racun, sementara amandemen tersebut diharapkan mencakup pembatasan penjualan rokok elektronik.

Pendapatan: Pedoman Samsung Electronics Q3, ion S2

Kamis

Pendapatan: 7&i Holdings Q2, Fast Retailing FY2023

Jumat

Lihat juga

Malaysia menyajikan anggaran tahun 2024

Perdana Menteri Malaysia Anwar Ibrahim diperkirakan akan menyajikan Anggaran 2024, menguraikan rencananya untuk memetakan kerangka ekonomi baru di bawah Rencana Induk Ekonomi Sipil dan Industri Baru 2030, dengan fokus pada reformasi dan pembangunan ekonomi. Anwar, yang juga menjabat Menteri Keuangan, diperkirakan akan mengumumkan rasionalisasi dukungan dan program bantuan yang ditargetkan serta peningkatan belanja untuk kesehatan, pendidikan, transisi energi, UKM dan industri.

KTT CIS di Kyrgyzstan

Para pemimpin Persemakmuran Negara-Negara Merdeka dijadwalkan bertemu di Bishkek, ibu kota Kyrgyzstan, termasuk Presiden Rusia Vladimir Putin. Dia diperkirakan akan melakukan perjalanan pertamanya ke luar perbatasan Rusia sejak Pengadilan Kriminal Internasional mengeluarkan surat perintah penangkapannya pada bulan Maret atas tuduhan kejahatan perang di Ukraina. Moskow berkeinginan untuk mempertahankan negara-negara bekas republik Soviet tersebut di tengah inisiatif Barat terhadap mereka. Pertemuan tersebut terjadi hanya beberapa minggu setelah Presiden AS Joe Biden menjadi tuan rumah pertemuan puncak dengan lima negara Asia Tengah di New York.

READ  Uni Eropa dan Indo-Pasifik: Bermitra untuk dunia yang lebih sejahtera

PDB: Singapura

Kebijakan Moneter: Singapura

Data Tiongkok: Indeks Harga Konsumen, Indeks Harga Produsen, Statistik Perdagangan

Penghasilan: Muji Keuangan 2023

akhir pekan

Pemilihan umum di Selandia Baru

Selandia Baru mengadakan pemilihan umum. Partai Buruh yang berkuasa menghadapi kesulitan karena ketidakpuasan masyarakat terhadap kenaikan harga, yang mengancam akan terjadinya pergantian pemerintahan untuk pertama kalinya dalam enam tahun.

Jajak pendapat ditutup pada referendum Australia mengenai pengakuan konstitusional terhadap masyarakat adat

Warga Australia akan melakukan pemungutan suara pada hari Sabtu untuk menentukan apakah mereka akan mengakui masyarakat adat di negaranya dalam konstitusi. Amandemen konstitusi mendapat dukungan kuat dari Perdana Menteri Anthony Albanese dan Partai Buruh yang berkuasa. Namun, jajak pendapat terbaru menunjukkan bahwa referendum tidak akan berhasil di negara yang terpecah belah mengenai cara menangani warisan perlakuan terhadap kelompok masyarakat adat.

Komite Olimpiade Internasional Sesi di Mumbai

Sesi IOC yang berlangsung selama tiga hari dimulai di Mumbai pada hari Minggu, dengan semua perhatian tertuju pada apakah akan ada pengumuman mengenai penyertaan kriket dalam Olimpiade Los Angeles 2028. Dengan Brisbane di Australia yang menjadi tuan rumah Olimpiade 2032, India mengincar tawaran untuk menjadi tuan rumah Olimpiade 2032. Pada Olimpiade 2036, keputusan seperti itu akan menyenangkan para penggemar di dua negara besar kriket dan di tempat lain di dunia di mana olahraga ini populer. Satu-satunya pertandingan kriket yang pernah dimainkan di Olimpiade adalah pada Olimpiade Paris tahun 1900 antara Inggris Raya dan Prancis.