POSPAPUA

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Negara-negara ASEAN akan memprioritaskan kebutuhan beras anggotanya, lapor Kantor Berita Malaysia

Negara-negara ASEAN akan memprioritaskan kebutuhan beras anggotanya, lapor Kantor Berita Malaysia

KUALA LUMPUR (Reuters) – Negara-negara Asia Tenggara telah sepakat untuk memprioritaskan saling membantu mengatasi kekurangan pasokan beras dan masalah terkait pangan lainnya, kantor berita Malaysia Bernama melaporkan, mengutip menteri pertanian.

Badan tersebut mengutip Menteri Pertanian dan Ketahanan Pangan, Mohamed Sabu, pada hari Jumat, bahwa Perhimpunan Bangsa-Bangsa Asia Tenggara (ASEAN) mencapai kesepakatan tersebut dalam pertemuannya di Kuala Lumpur minggu ini.

“Kerjasama ASEAN artinya jika kita menghadapi masalah beras maka negara-negara anggota ASEAN akan memprioritaskan negara-negara ASEAN terlebih dahulu,” ujarnya.

Vietnam, Kamboja dan Thailand mengatakan mereka akan mempertimbangkan permintaan baru untuk impor tambahan, kata Mohamed.

Malaysia, yang mengimpor sekitar 38% berasnya, termasuk di antara beberapa negara yang terkena dampak oleh eksportir besar seperti India yang membatasi pengiriman. Pada hari Senin, pemerintah mengumumkan dukungan dan langkah-langkah lain untuk mengkompensasi kenaikan harga gandum dan memastikan pasokan yang cukup di pasar.

Perdana Menteri Anwar Ibrahim memperingatkan tindakan hukum akan diambil terhadap siapa pun yang menimbun beras, untuk mencegah konsumen menimbun biji-bijian lokal.

Laporan oleh Daniel Azhar – Disiapkan oleh Muhammad untuk Buletin Arab, Diedit oleh William Mallard

Standar kami: Prinsip Kepercayaan Thomson Reuters.

Memperoleh hak lisensimembuka tab baru
READ  Reuters World News: Gempa mematikan di Indonesia, pembangkit nuklir Ukraina melanda, penembakan klub malam Colorado, berita Piala Dunia, lebih banyak lagi