POSPAPUA

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Rothko Abstract Menjual $82,5 Juta, Penjualan Bullock Adalah Rekor Untuk Artis

(Reuters) – Lukisan Mark Rothko terjual di lelang pada Senin seharga $82,5 juta, harga tertinggi kedua untuk sebuah karya mendiang seniman abstrak.

Kanvas 95 inci (241 cm) No. 7 pada tahun 1951 dalam kombinasi hijau, merah tua, dan lavender diperkirakan akan terjual seharga $70 juta hingga $90 juta di Sotheby’s di New York. Ini adalah pertama kalinya lukisan itu dilelang.

Identitas pembeli tidak diketahui tetapi memicu tawaran telepon sengit dari orang-orang yang mewakili klien Asia.

Rekor Rothko dibuat pada 2012 ketika “Oranye, merah, kuning” dijual seharga $86,9 juta di Christie’s di New York.

Karya Rothko adalah salah satu dari lusinan seniman terkenal yang dilelang dari Koleksi Macklowe, diakuisisi oleh raja real estate Harry McCullough dan istrinya Linda selama periode 45 tahun. Seorang hakim New York memerintahkan mereka untuk menjual kelompok itu dan membagi hasilnya selama persidangan perceraian 2018 mereka.

Di antara karya-karya lain yang dijual pada hari Senin adalah patung 1947 “Le Nez” oleh seniman Swiss Alberto Giacometti, pematung termahal di dunia. Ini meraup $78,4 juta pada hari Senin, kurang dari rekor $141,3 juta untuk setiap patung yang diidentifikasi pada tahun 2015 untuk “Lom au Duet” Giacometti.

Layar sutra “Nine Marilyns” Andy Warhol dari tahun 1962, tak lama setelah kematian Marilyn Monroe, terjual seharga $ 48,5 juta sementara artis pop “Sixteen Jackies” oleh mantan Ibu Negara AS Jacqueline Kennedy dalam warna hitam, putih, dan biru terjual seharga $ 33,9 juta .

“No. 17, 1951” karya Jackson Pollock mencatat rekor baru untuk mendiang artis Amerika dengan $61,2 juta, sementara karya kolosal Cy Twombly 2007 “Untitled” dari peony bergaris merah terjual seharga $58,9 juta dalam penampilan lelang pertamanya.

READ  Kami menempatkan Amanda Holden di filter Gender Swap dan hasilnya sangat luar biasa

Sotheby’s mengatakan 65 karya dalam Koleksi Macklowe mewakili “ansambel tak tertandingi yang memetakan sorotan pencapaian artistik Barat selama 80 tahun terakhir”.

Lelang dibagi menjadi dua bagian, dengan sisa 40 karya terjual pada Mei 2022.

(Laporan oleh Jill Sargent) Diedit oleh Stephen Coates

Kriteria kami: Prinsip Kepercayaan Thomson Reuters.