POSPAPUA

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Ratu Teknologi Inggris Finn Moriah menantikan pertunjukan M&C Saatchi

Ratu Teknologi Inggris Mengincar M&C Saatchi Show: Finn Moriah bersiap untuk menawar biro iklan


Pengusaha teknologi Vin Murria bersiap untuk menawar M&C Saatchi.

Agensi iklan tersebut mengatakan telah menerima “pendekatan awal” dari kendaraan pengambilalihan yang dipimpin oleh Moriah.

“Tidak ada tawaran yang diterima, tetapi dewan direksi telah diberitahu tentang ekspektasi tawaran dalam waktu dekat,” tambahnya.

Pembicaraan akuisisi: Finn Moriah, yang dikenal sebagai “Queen of British Tech,” memegang 12,5% saham di M&C Saatchi dan menjadi Wakil Ketuanya tahun lalu.

Saham M&C Saatchi melonjak 11,2 persen, atau 21 pence, menjadi 210 pence, dengan nilai 257 juta pound. Moriah, yang dikenal sebagai “Queen of British Tech,” memiliki 12,5 persen saham di perusahaan itu dan menjadi wakil ketua dewan tahun lalu.

AdvancedAdvt – alat akuisisi yang dipimpinnya – kemudian mengambil 9,8 persen pada hari Rabu.

Ini memicu spekulasi bahwa dia merencanakan pengambilalihan penuh. Saham telah meningkat 25 persen sejak saat itu – menambahkan lebih dari £50 juta untuk nilai mereka.

Juara Bisnis

Ratu teknologi Inggris mulai mendapatkan gajinya dari bisnis ketika dia masih remaja.

Vinodka “Ven” Moriah lahir di Punjab, India. Keluarganya pindah ke Inggris – dari tempat yang dia gambarkan sebagai “gubuk lumpur” – ketika dia berusia tiga tahun.

Sebelum dia kuliah, dia menghabiskan satu tahun berjuang untuk toko pojok ayahnya ketika dia menghadapi masalah keuangan. Setelah mendapatkan gelar kelas satu dalam ilmu komputer dan kemudian gelar MBA, ia memasuki dunia teknologi.

READ  Pengusaha teknologi Mike Lynch dapat diekstradisi ke AS, di bawah aturan Priti Patel | Hukum

Pada tahun 2008, Murria, 59, mendirikan Advanced Computer Software Group, yang dimulai dengan industri senilai £12 juta. Itu dijual ke Vista Equity Partners pada 2015 seharga £ 750 juta.

Sang ibu telah menerima banyak penghargaan untuk karyanya dalam membeli, menciptakan, dan mengubah bisnis.

Dia dianugerahi Medali OBE pada tahun 2018 untuk jasanya pada ekonomi digital Inggris dan berada di dewan perusahaan termasuk Bunzl dan Softcat.

Para ketua mengatakan sebuah panel independen, di mana Moriah tidak akan menjadi anggotanya, akan meninjau setiap tawaran yang dia buat.

Murria mendapatkan ketenaran di kota karena mendirikan dan mengubahnya menjadi perusahaan teknologi. Dia terkenal karena mendirikan Advanced Computer Software Group, yang dia jual ke Vista Equity Partners pada 2015 seharga £750 juta.

Dia berinvestasi di M&C Saatchi saat dia pulih dari pandemi.

Moriah akan memiliki waktu hingga awal Februari untuk mengajukan penawaran atau penarikan.

Bersaudara Morris dan Charles Saatchi mendirikan perusahaan tersebut pada tahun 1995 setelah dikeluarkan oleh seorang aktivis investor Amerika dari grup asal mereka, Saatchi and Saatchi. Kliennya termasuk Burberry, Apple, Homebase, Lindt, dan Audible untuk bisnis buku audio Amazon.

Harga saham perusahaan mencapai titik tertinggi sepanjang masa pada Maret 2019, tetapi pada Agustus tahun itu terungkap skandal akuntansi.

Setelah lebih banyak masalah muncul, perusahaan harus menyatakan kembali hasilnya untuk tahun-tahun sebelumnya dan dikenakan biaya akuntansi £11,6 juta.

Empat direktur, termasuk Maurice Saatchi, meninggalkan perusahaan pada puncak krisis.

Pada November 2020, apa yang disebut “tiga teman” yang ikut mendirikan perusahaan dengan Saatchis juga pergi – CEO David Kershaw, Ketua Jeremy Sinclair, dan CEO Bill Muirhead.

READ  Centri Tech telah meluncurkan alat baru untuk membantu pengembang perumahan membawa jaringan broadband ke penghuninya

Pandemi telah menyakitkan bagi industri periklanan tetapi M&C Saatchi mulai pulih. Dikatakan pada bulan Desember bahwa pendapatan 2021 akan “secara material melebihi ekspektasi”.