POSPAPUA

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Rare earth di Spanyol mengadu hijau dengan keamanan teknologi – dan keuntungan

dikeluarkan di:

Madrid (AFP)

Elemen tanah jarang Spanyol yang belum dimanfaatkan memicu ketegangan antara penambang, ilmuwan lingkungan, dan petani yang takut akan dampak buruk dari penggalian mineral yang penting bagi ekonomi berteknologi tinggi dan rendah karbon.

Kelompok 17 mineral – terlepas dari namanya – tersebar luas di seluruh dunia, tetapi ditemukan dalam konsentrasi yang sangat tipis sehingga mengekstraksi bahkan dalam jumlah kecil memerlukan pemrosesan bijih dalam jumlah besar.

Namun, mereka adalah komponen kunci dalam rangkaian produk berteknologi tinggi dan canggih, mulai dari turbin angin dan kendaraan listrik hingga smartphone, perangkat medis, dan sistem pemandu rudal.

Dengan China mengendalikan pasokan dan permintaan global yang meningkat untuk melawan transisi ke ekonomi rendah karbon, tekanan politik – dan insentif fiskal – untuk menempatkan kepentingan strategis atas lingkungan semakin meningkat.

“Spanyol memiliki jumlah unsur tanah jarang terbesar di Eropa setelah Finlandia. Ada potensi nyata,” kata Vicente Gutierrez Benador, presiden Konfederasi Nasional Perusahaan Pertambangan dan Pertambangan (Confidem).

98% elemen tanah jarang yang digunakan di Uni Eropa diimpor dari Cina, yang mendorong Brussels untuk mendesak negara-negara anggota baru-baru ini untuk mengembangkan kemampuan ekstraksi mereka sendiri.

Cadangan Spanyol diperkirakan mencapai 70.000 ton, menurut Institut Geologi dan Pertambangan Spanyol.

“Di tingkat global, ini tidak banyak, tetapi penting di tingkat Eropa,” kata Roberto Martinez, kepala sumber daya mineral di institut tersebut.

– ‘Kesempatan untuk Spanyol’ –

Hal ini cukup membangkitkan minat investor karena permintaan logam terus meningkat.

“Ini adalah kesempatan untuk Spanyol,” kata Benador dari Confidim, “tetapi juga untuk Eropa.”

“Dua situs secara khusus dianggap menarik: satu di Monte Galiniro, di Galicia,” kata Martinez, dan yang lainnya di provinsi Ciudad Real, di wilayah Castilla dan León.

READ  Angkatan Udara mengganti unit JSTARS di Georgia dengan teknologi baru

Hanya situs Matamolas seluas 240-hektar (590-acre) di Ciudad Real yang sejauh ini telah menjadi subyek aplikasi Lee sejauh ini.

Situs ini kaya akan monasit – bijih yang mengandung mineral tanah jarang termasuk thorium, lantanum, dan cerium.

China memiliki cengkeraman yang mencekik pada pasokan global tanah jarang — bersama dengan kehancuran ekologis yang disebabkan oleh ekstraksinya Ed Jones AFP

Namun, proyek tersebut diblokir: wilayah tersebut menolak izin penambangan yang diberikan oleh Quantum Mineria di Madrid pada tahun 2019 karena kekhawatiran tentang dampak lingkungannya.

“Deposit ini terletak di area dengan nilai lingkungan yang tinggi,” kata Elena Solis, koordinator masalah pertambangan untuk LSM Ecologists in Action, di antara dua kawasan lindung.

Solis mengatakan, yang juga mencatat “jumlah besar air” yang dibutuhkan untuk proses dan risiko kontaminasi dengan debu beracun atau bahkan radioaktif. .

– Lubang diisi –

Argumentasi ini ditolak oleh perusahaan yang mengajukan banding.

Enrique Burkhalter, manajer proyek Quantum Mineria, mengatakan penolakan izin itu “tidak dapat dipahami” karena kami “di wilayah yang dianggap cocok untuk pertambangan” oleh pemerintah.

Menurut perusahaan, ekstraksi akan dilakukan di permukaan, menggunakan teknologi yang mengurangi risiko debu beracun: tanah akan diangkut dengan truk ke pabrik, kemudian diayak dan akhirnya dikembalikan ke lokasi, setelah mineral telah diangkut. Pemindahan.

logam tanah jarang
logam tanah jarang Agensi Pers Prancis

“Ini bukan lubang terbuka. Lubang-lubang itu akan segera diisi sehingga tanaman bisa ditanam lagi.”

Argumen-argumen ini, pada gilirannya, telah ditolak oleh para pencinta lingkungan di tempat kerja, yang percaya bahwa tanah tersebut akan terpengaruh secara permanen.

Apa yang akan dikatakan pengadilan?

Terlepas dari perbedaan mereka, industrialis dan pemerhati lingkungan sepakat tentang pentingnya keputusan pengadilan, yang dapat menghentikan proyek ekstraksi.

READ  Yang Wajib Dikunjungi: Notre Dame di Virginia Tech

Menunjukkan ironi yang melekat dalam pertambangan, Martinez mengatakan keputusan itu, yang diharapkan setelah beberapa bulan, akan “signifikan” tetapi “tidak akan mengakhiri kontroversi,” mencatat ironi yang melekat dalam pertambangan: “Di atas kertas, semua orang ingin mengurangi ketergantungan eksternal, tetapi begitu mereka Berbicara tentang proyek konkret, itu berbeda.”