POSPAPUA

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Produser musik dansa K-Hand Kelly Hand meninggal pada usia 56 | musik dansa

DJ musik dan produser Kelly Hand, yang merupakan sosok yang produktif, serbaguna dan sangat dikagumi di kancah musik dansa Detroit, telah meninggal pada usia 56 tahun. Tidak ada penyebab yang diumumkan, tetapi kematiannya dikonfirmasi oleh teman dekat di media sosial dan wali melalui agennya.

Dewan kota menobatkan Hand sebagai “Ibu Negara Detroit” pada tahun 2017, sebagai pengakuan atas kariernya di mana dia adalah seorang wanita kulit hitam yang langka dalam produksi musik dansa dan DJ.

Lahir dan dibesarkan di Detroit, Hand mulai melakukan perjalanan akhir pekan ke klub-klub New York sebagai seorang wanita muda di tahun 1980-an, sering mengunjungi Paradise Garage dan terinspirasi oleh suara house dan techno yang muncul. Saat bekerja di tim scam di sebuah perusahaan telepon, dia mulai tampil sebagai DJ di akhir 1980-an, mendapatkan tempat tinggal lokal.

Dia mulai memproduksi musiknya sendiri dan mendirikan UK House Records – kemudian berganti nama menjadi Acacia Records – untuk merilisnya, dengan EP debutnya, Think About It, yang datang pada tahun 1990. Bintang-bintang Techno Jeff Mills, Robert Hood, Mike Banks dan Mike Clarke membantu di registri. Dia melanjutkan untuk merilis trek yang mencakup jacken house, ghettoic, dan kesederhanaan Detroit techno, dan bintangnya menyebar ke Eropa di mana dia mulai melakukan tur pada pertengahan 1990-an. Warp Records di Inggris merilis satu edisi pada tahun 1994, Global Warning.

Dia merilis yang pertama dari tujuh album studionya pada tahun 1995, dan terus merilis musik hingga tahun 2020.

Pada tahun 2016, dia menjelaskan pendekatannya terhadap koordinasi dan produksi DJ, lebih memilih perangkat keras daripada perangkat lunak: “Jika tidak pada vinil, itu belum final, dan itulah intinya,” katanya. “Karena Anda membutuhkan suara hangat itu, suara analog itu – bukan suara klik mouse robotik. Sejak tahun 2000, semuanya adalah musik Einstein, musik klik mouse elektronik yang berkilauan. Banyak orang menghasilkan dengan meletakkan benda-benda di blok di layar. Beberapa orang membuat musik yang bagus dan mereka melakukannya, tetapi bagi saya itu tidak menghasilkan – Anda sedang bermain game komputer.”

READ  Film dokumenter Anthony Bourdain memicu reaksi keras karena menggunakan kecerdasan buatan untuk memalsukan suara | Anthony Bourdain

Komunitas musik dansa memuji Mike Cervetto mengatakan: “Dia adalah seorang pionir! Dia meninggalkan kita dengan warisan musik Detroit yang menginspirasi,” dan satu oktaf mengatakan: “Anda akan sangat merindukan Detroit Siesta.”