POSPAPUA

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Presiden Djokovic meresmikan terminal Bandara Moba Papua di Merak

TEMPO.CO, JakartaPresiden Joko Widodo (Djokovic) pada Minggu meresmikan terminal penumpang baru seluas 7.200 meter persegi di Bandara Moba di distrik Merouk. Papua Propinsi

“Kami terus mengupgrade Bandara Moba di Maroko yang terletak di ujung timur Indonesia. Hari ini, kami telah menyelesaikan pembangunan terminal penumpang baru berkapasitas 638.000 penumpang per tahun di atas lahan seluas 7.200 meter persegi,” ujarnya. kata presiden di Bandara Mopa di Papua, Maroko.

Hadir dalam acara tersebut Ketua DPR RI Buan Maharani, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono, Menteri Perhubungan Pudi Karia Sumathi, Menteri Investasi Pahil Lahadalia, Kepala Staf Angkatan Darat Marsekal Hadi Tajajanto dan Presiden Kabupaten Meruke. Romanas Mabaraka.

“Ini (terminal) besar dan diharapkan bisa meningkatkan pelayanan penumpang,” kata Djokovic.

Presiden mengingatkan bahwa Indonesia harus meningkatkan konektivitasnya sebagai negara yang luas.

“Memfasilitasi pergerakan orang, barang, dan jasa akan membuat perekonomian kita lebih efisien. Ini juga akan meningkatkan daya saing kita di pasar global. Pentingnya infrastruktur,” kata Djokovic.

Presiden Djokovic mengatakan pemerintah akan terus meningkatkan bandara dan pelabuhan selama tujuh tahun terakhir untuk meningkatkan konektivitas, termasuk tarif maritim.

“Ke depan, kita bisa mengharapkan peningkatan kapasitas terminal penumpang bandara, jumlah penumpang, angkutan umum dan kegiatan ekonomi,” tambah Djokovic.

Presiden Papua mengundang Gubernur dan Gubernur Papua Nugini untuk menggunakan bandara tersebut untuk membangun pusat ekonomi baru di kawasan dan meningkatkan daya saingnya dalam ekspor dan investasi.

“Ini akan bermanfaat bagi masyarakat Maroko dan mendorong pertumbuhan Papua,” kata Djokovic.

Bandara Moba adalah salah satu dari sedikit bandara di provinsi yang dirancang untuk mendukung Pekan Olahraga Nasional (PON) dan Pekan Paralimpiade Nasional. Bandara lain yang dirancang untuk memfasilitasi berbagai acara olahraga nasional adalah Bandara Senthani di Jaipur dan Bandara Moss Klang di Timika.

Meruk akan menjadi tempat untuk beberapa acara termasuk paramotor, wushu, gulat, anggar, sepak bola wanita, catur dan balap jalanan.

Pembangunan Bandara Moba senilai Rp141 miliar ditangani Kementerian Perhubungan.

Data Direktorat Jenderal Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan menunjukkan jumlah penumpang di bandara pada 2018 mencapai 440 ribu per tahun.

Dengan panjang landasan 2.500 meter dan lebar 45 meter, bandara ini dapat didarati pesawat berbadan lebar seperti Boeing 737-900 dan Airbus A320.

Selain Bandara Moba, Kementerian telah mengembangkan bandara lain Papua Bandara Wamena, New Napier, Ever, KP dan Bandara Moses Kling.

Melangkah: Djokovic meluncurkan Pos Lintas Batas Soda Papua

Di antara

READ  China arrests Australian CGDN host Cheng Lee on suspicion of 'illegally leaking government secrets'