POSPAPUA

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Presiden China Xi berharap dapat bekerja sama lebih erat dengan Indonesia

Presiden China Xi berharap dapat bekerja sama lebih erat dengan Indonesia

BEIJING (China Daily News Network/Asia) — Presiden Xi Jinping meminta China dan Indonesia untuk bersama-sama memerangi pandemi COVID-19 dan membangun model kerja sama kesehatan, dengan mengatakan bahwa China akan terus membantu Indonesia dalam upayanya mempromosikan vaksin regional. . pusat produksi.

Xi mengatakan China juga akan memperdalam kerja samanya dengan negara Asia Tenggara di seluruh rantai industri produksi vaksin serta penelitian dan pengembangan di bidang kedokteran.

Hal itu disampaikannya dalam percakapan telepon pada Selasa (11 Januari) dengan Presiden Indonesia Joko Widodo.

Xi mengatakan bahwa sejak tahun lalu, hubungan China-Indonesia telah mengalami kemajuan di tengah merebaknya epidemi, dan kedua negara telah membangun model baru kerja sama bilateral dengan membangun dialog tingkat tinggi dan mekanisme kerja sama.

China dan Indonesia adalah dua negara berkembang yang memiliki tujuan yang sama dalam memperjuangkan pembangunan dan kebahagiaan bagi rakyatnya, kata Xi, seraya menekankan bahwa kunci untuk mencapai tujuan ini adalah melakukan hal-hal yang terdefinisi dengan baik.

Dia meminta kedua negara untuk menyelaraskan Inisiatif Sabuk dan Jalan dengan rencana pembangunan masing-masing, mempromosikan pembangunan kereta api berkecepatan tinggi berkualitas tinggi antara Jakarta dan Bandung, dan mempromosikan area pertumbuhan baru seperti energi baru, ekonomi digital, dan kerja sama maritim. .

Xi mengatakan China akan secara aktif dan komprehensif berpartisipasi dalam apa pun yang dapat membantu mempromosikan pembangunan Indonesia dan memperdalam kerja sama China-Indonesia.

Memperhatikan bahwa China sangat menghargai peran Indonesia dalam urusan regional dan internasional, Xi mengatakan China siap bekerja sama dengan Indonesia untuk mempromosikan pemulihan ekonomi di kawasan dan menjaga perdamaian dan stabilitas regional.

Tahun ini, China akan menjadi ketua bergilir kawasan BRICS – yang meliputi Brasil, Rusia, India, China, dan Afrika Selatan – sedangkan Indonesia akan menjadi ketua G-20.

READ  Wapres Resmikan Indonesia Economic Festival 2021

Xi mengatakan China siap bekerja sama dengan Indonesia untuk mempraktikkan multilateralisme sejati, menerapkan inisiatif pembangunan global, melindungi kepentingan ekonomi pasar negara berkembang dan negara berkembang, serta berkontribusi pada pembangunan ekonomi global dan meningkatkan tata kelola ekonomi global.

Jokowi mengatakan kedua negara membuat pencapaian luar biasa di bidang kesehatan dan kerja sama tahun lalu dan 80 persen vaksin negaranya berasal dari China, menambahkan bahwa hubungan baik antara Indonesia dan China adalah karena didasarkan pada saling menghormati dan saling menguntungkan. memenangkan kerjasama. .

Dia mengatakan Indonesia menyambut baik perusahaan China untuk berinvestasi di negara tersebut dan berharap sukses di Olimpiade dan Paralimpiade Musim Dingin Beijing.