POSPAPUA

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Prabowo bertemu dengan Menteri Luar Negeri Tiongkok untuk membahas peningkatan kerja sama pertahanan

TEMPO.CO, JakartaMenteri Pertahanan dan Presiden terpilih Prabowo Pada Kamis, 18 April, Subianto menerima kunjungan Menteri Luar Negeri China Wang Yi di kantor Kementerian Pertahanan di Jakarta. Kedua pejabat senior tersebut membahas peningkatan kerja sama pertahanan antara negara mereka.

Tadi pagi, Wang pertama kali bertemu dengan Presiden Joko Widodo atau Jokowi di Istana Kepresidenan Jakarta.

Berterima kasih kepada Wang atas kunjungannya, Prabowo mengatakan Tiongkok adalah mitra dekat Indonesia karena kedua negara telah lama menjalin hubungan bilateral yang erat, khususnya di bidang pertahanan.

Prabowo mengatakan dalam pernyataan resmi: “Merupakan suatu kehormatan bagi saya untuk menerima Yang Mulia hari ini, dan saya berterima kasih kepadanya karena telah menyambut saya di Beijing beberapa minggu yang lalu.”

Dalam pertemuan antara Prabowo dan Wang, sejumlah isu dibahas, terutama kerja sama pertahanan bilateral seperti kerja sama di bidang pendidikan dan pelatihan, latihan bersama, dan industri pertahanan.

Wang Yi juga mengucapkan terima kasih atas kunjungan Prabowo ke Tiongkok baru-baru ini. “Kami sangat mengapresiasi dan menyambut baik kunjungan Menteri Pertahanan Prabowo ke Tiongkok,” kata Wang.

Wang mengatakan Tiongkok berkomitmen untuk lebih memperluas kerja sama bilateral dengan Indonesia, baik di bidang pertahanan maupun di bidang lain seperti ekonomi, sosial, dan budaya.

Prabowo mengunjungi Tiongkok dalam kunjungan resmi pada tanggal 31 Maret hingga 2 April, yang merupakan kunjungan luar negeri pertamanya sebagai presiden terpilih. Ia bertemu dengan Presiden Tiongkok Xi Jinping, Perdana Menteri Li Qiang, dan Menteri Pertahanan Tiongkok Dong Jun untuk membahas komitmen peningkatan kerja sama bilateral kedua negara.

Johannes Maharso | Daniel A. Fajarku

Pilihan Editor: CEO Apple Tim Cook bertemu dengan Prabowo Subianto dari Indonesia

klik disini Memperoleh Update berita terkini dari Tempo di Google News

READ  Orang Afrika berperang dalam perang Rusia-Ukraina – Militer Afrika