POSPAPUA

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

IKN Nusantara, Brasilia berkolaborasi untuk bertukar ilmu

IKN Nusantara, Brasilia berkolaborasi untuk bertukar ilmu

Jakarta (ANTARA) – Otoritas Ibu Kota Baru (OIKN) menjalin kerja sama dengan Kota Brasilia, Brasil untuk bertukar ilmu dan kerja sama antar ibu kota baru.

“Brasilia, sebagai ibu kota baru Brasil, memiliki pengalaman dalam menjawab berbagai tantangan dalam menciptakan pusat pertumbuhan ekonomi dan politik baru di negara ini. Kita dapat belajar darinya,” kata presiden organisasi tersebut, Bambang Susantono, dalam pernyataan yang dikeluarkan. oleh kantornya. Jumat.

OIKN menandatangani perjanjian kerja sama dengan Pemerintah Distrik Federal Brasilia, Brasil, untuk pertukaran pengetahuan dan kerja sama antar ibu kota baru pada 17 April.

Perjanjian kerja sama ini ditandatangani oleh Susantono mewakili OIKN dengan Gubernur Brasilia, Ibanes Rocha, di Brasilia, dan disaksikan oleh Duta Besar RI untuk Brasil, Eddy Yusup dan Sekretaris Jenderal Hubungan Internasional Kota Brasilia, Paco Brito.

Pertemuan tersebut juga menghasilkan kesepakatan kerja sama yang lebih erat dan realistis antara kedua kota. Dalam pertemuan tersebut, Gubernur Rocha berbagi pengalamannya dalam mengembangkan kota Brasilia.

“Selain pembangunan kota, saya dan Gubernur Rocha juga sepakat untuk bekerja sama terkait pengembangan kota pintar dan inisiatif penghijauan, pembangunan infrastruktur, membangun komunitas yang berketahanan dan inklusif serta mitigasi perubahan iklim, upaya adaptasi, dan perencanaan komunitas dalam pembangunan perkotaan.” Susantono mencatat.

Selain penandatanganan perjanjian, delegasi OIKN mengunjungi Brasilia untuk meninjau sejarah transportasi dan perencanaan kota Brasilia serta mempelajari tantangan dalam mengelola pembangunan kota ini, termasuk pengembangan permukiman dan transportasi perkotaan.

Kunjungan ini bertepatan dengan peringatan enam puluh empat tahun pemindahan ibu kota Brasil dari Rio de Janeiro ke Brasilia pada bulan April 1960.

Susantono mencatat, perjalanan pembangunan Brasilia selama enam dekade telah menghasilkan banyak ilmu yang bermanfaat dan dapat menjadi pembelajaran berharga bagi perkembangan IKN. Kerja sama ini juga sejalan dengan semakin berkembangnya hubungan bilateral antara Indonesia dan Republik Brazil yang menjadi tuan rumah G20 tahun ini.

READ  Membantu warga Skotlandia Baru menetap - gov.scot

Kolaborasi dengan Brasilia merupakan kolaborasi pertukaran pengetahuan tingkat kota kelima yang dilaksanakan oleh OIKN.

Sebelumnya, Otoritas menjalin kerja sama formal dengan Astana (Kazakhstan), Canberra (Australia), Singapura, dan Shenzhen (Tiongkok) untuk melaksanakan pertukaran pengetahuan dalam membangun kota-kota baru dengan sistem yang ramah lingkungan, cerdas, tangguh, inklusif, dan berkelanjutan.

Ibu kota baru Indonesia, IKN Nusantara, bertujuan untuk menjadi kota cerdas, hijau, inklusif dan berkelanjutan, dengan tujuan mencapai nol emisi pada tahun 2045. IKN juga akan memiliki 25% kawasan terbangun dan 65% hutan tropis. sebesar 10% lahan pertanian dari Total luas yang ada.
Berita Terkait: Menjaga keseimbangan antara pembangunan dan keanekaragaman hayati di Nusantara
Berita Terkait: Nusantara penting untuk pemerataan pertumbuhan ekonomi di Indonesia: OIKN