POSPAPUA

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Menteri Luar Negeri China Wang Yi bertemu dengan Prabowo usai pembicaraan dengan Jokowi

TEMPO.CO, JakartaCina Menteri Luar Negeri Wang Yi Ia berkunjung ke Menteri Pertahanan RI Prabowo Subianto di kantor terakhir di Jakarta hari ini, 18 April. Wang dijadwalkan mengadakan pembicaraan dengan Prabowo, presiden terpilih Indonesia, di tengah rencana untuk meningkatkan kerja sama ekonomi antara kedua negara.

Sebelumnya, Wang bertemu dengan Presiden Joko Widodo atau Jokowi di Istana Kepresidenan Jakarta pada Kamis pagi. Dalam keterangan persnya, Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi membenarkan adanya pertemuan antara Wang Yi dan Prabowo.

Namun Retno tak melakukan hal tersebut untuk menjelaskan Tentang permasalahan yang akan dibicarakan kedua menteri. Sejauh ini, baik Kementerian Pertahanan RI maupun Kementerian Luar Negeri China belum mengeluarkan siaran pers terkait pertemuan tersebut.

Mulai 31 Maret hingga 2 April, Prabowo saya melanjutkan Kunjungan resmi ke Tiongkok, perjalanan luar negeri pertamanya sebagai presiden terpilih. Dalam kunjungan tersebut, ia mengadakan pertemuan dengan Presiden Tiongkok Xi Jinping, Perdana Menteri Li Qiang, dan Menteri Pertahanan Tiongkok Dong Jun dengan tujuan untuk berdiskusi. Berjanji untuk memperkuat hubungan bilateral kedua negara.

Dalam keterangan pers di Istana Kepresidenan Jakarta hari ini, kata Menteri Retno Mengonfirmasi Tiga pesan Jokowi saat bertemu dengan Wang Yi, di antaranya pentingnya mendorong kerja sama ekonomi yang saling menguntungkan bagi kedua negara.

Daniel A. Fajarku

Pilihan Editor: Jokowi membahas kerja sama ekonomi dan konflik di Timur Tengah dengan Wang Yi dari Tiongkok

klik disini Untuk mendapatkan update berita terkini dari Tempo di Google News

READ  Ini bukan hanya tentang rumah