POSPAPUA

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

PIDI 4.0 Percepat transformasi digital industri: Menteri

PIDI 4.0 Percepat transformasi digital industri: Menteri

Jakarta (Antara) – Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita mengatakan Sabtu bahwa Pusat Digital Industri Indonesia 4.0 (PIDI 4.0) dibangun untuk mendukung percepatan Transformasi Industri 4.0 atau transformasi digital industri.

“Untuk mendukung program prioritas nasional dan percepatan transformasi Industri 4.0, Kementerian Perindustrian telah membangun Pusat Digital Industri Indonesia 4.0 (PIDI 4.0),” jelasnya disini.

Untuk mempersiapkan Indonesia menghadapi era Industri 4.0, pemerintah telah meluncurkan roadmap “Making Indonesia 4.0” yang berfokus pada tujuh sektor industri.

Ketujuh sektor itu meliputi makanan dan minuman, tekstil dan pakaian jadi, mobil, bahan kimia, elektronik, alat kesehatan, dan obat-obatan.

Ketujuh sektor tersebut menyumbang 70 persen PDB industri, 65 persen ekspor industri, dan menyerap 60 persen tenaga kerja industri Indonesia.

PIDI 4.0 menawarkan beberapa program strategis, seperti pelatihan Sumber Daya Manusia (SDM) yang telah diikuti oleh ribuan peserta.

PIDI 4.0 juga menampilkan produk Industri 4.0, seperti teknologi disruptif seperti AI (Artificial Intelligence) dan IoT (Internet of Things), untuk pengembangan ekosistem 4.0 Indonesia.

PIDI 4.0 mengikuti Festival Ekonomi Digital dan Keuangan Indonesia (Fekdi) 2023 pada 7-10 Mei 2023 dengan tema “Sinergi dan Inovasi dalam Ekonomi Digital: Membina Pertumbuhan”.

Festival ini bertujuan untuk mendorong inovasi ekonomi dan keuangan digital, meningkatkan ketahanan dan revitalisasi ekonomi nasional, mengkomunikasikan inisiatif dan kebijakan digitalisasi, serta meningkatkan sinergi antara pemerintah, pemangku kepentingan, dan masyarakat.

Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Industri (BPSDMI) Kementerian ESDM Masrokhan mengatakan, PIDI 4.0 menyiapkan stan informasi di festival bekerja sama dengan mitra seperti PT Tata Sarana Makmur, yang memamerkan Sistem Manajemen Terminal (TSM), dan NEC, yang menyediakan solusi ID Bank-nya.

Selain TSM dan NEC, PIDI 4.0 memiliki 35 mitra yang terdiri dari industri, institusi, dan universitas.

READ  Eric Thohir bergabung dengan Indonesia dalam perjalanan SGIE

Bekerja sama dengan mitra, PIDI 4.0 telah menyelenggarakan beberapa program, antara lain pelatihan 1.436 SDM industri pada tahun 2022.

Berita Terkait: Kemendikbud Dorong Transformasi Pendidikan Melalui Teknologi Digital
Berita Terkait: Kementerian menargetkan untuk membantu 24 juta UMKM bergabung dalam ekosistem digital

Diterjemahkan oleh: Ade J, Kenzu
Editor: Aziz Karmala
Hak Cipta © Antara 2023