POSPAPUA

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Menteri Ono memberikan dukungan untuk pengembangan Kawasan Ekonomi Khusus Angka

Menteri Ono memberikan dukungan untuk pengembangan Kawasan Ekonomi Khusus Angka

Kami sangat berharap pemerintah pusat dapat mewujudkan wisata ekonomi khusus Lintas Timur-Sungailiat.

Singiliyat, Bangka Belitung (Antara) – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Ono mengatakan pihaknya akan berkoordinasi dengan kementerian terkait untuk membantu Pemprov Bangka dalam mengembangkan kawasan ekonomi khusus pariwisata.

“Nanti saya akan berkoordinasi dengan Menko terkait untuk mengetahui lebih jauh progres pengembangan Kawasan Ekonomi Khusus Pariwisata di Kabupaten Lintas Timur-Songiliat, Kabupaten Bangka (Provinsi Kepulauan Bangka Belitung),” ujarnya di Jakarta, Sabtu. .

Dia mencatat, kawasan itu merupakan kawasan wisata dan pertambangan bijih timah. Untuk itu, kata Menkeu, diharapkan kegiatan kedua sektor tersebut tidak saling bertentangan.

Misalnya, kelompok wisata dan pengabdian masyarakat Desa Burlang di Kabupaten Bangka Tengah, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, mampu mengembangkan kawasan bekas tambang bijih timah menjadi objek wisata yang menarik, katanya.

Ditambahkannya, dengan berusaha, desa tersebut berhasil meraih Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2022.

Ono menegaskan, pemerintah daerah di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung harus mengembangkan pariwisata berkelanjutan serta pariwisata berbasis tata kelola yang baik dan ekonomi hijau.

Dalam kunjungannya ke Sungailiat, Menkeu juga mengikuti Triathlon Sungailiat 2023. Ia berharap event tersebut masuk dalam kalender pariwisata nasional di antara event olahraga, musik, dan kreatif.

Ia meyakini event olahraga tersebut dapat membantu menghidupkan kembali pariwisata lokal dan ekonomi kreatif yang terdampak wabah COVID-19.

Sebelumnya, Bupati Bangka Mulkan meminta menteri membantu pemerintah daerah untuk menindaklanjuti kemajuan pengembangan wisata ekonomi swasta di Lintas Timur-Singeliyat.

Ia mengatakan, rencana pengembangan kawasan ekonomi khusus telah dibahas pada 2016, dan pemerintah daerah menyiapkan kawasan untuk pengembangan kawasan ekonomi khusus tersebut. Namun hingga kini program tersebut belum terealisasi.

READ  G20 perlu melakukan lebih dari sekadar mendaur ulang agenda G7

“Kami sangat berharap pemerintah pusat dapat mewujudkan Kawasan Ekonomi Khusus Pariwisata Lintas Timor-Sengilat,” imbuhnya.

Berita terkait: 295 wisman berkunjung ke Bangka Belitung pada Juli 2022
Berita Terkait: Tambang di Bangka Belitung, Sektor Pariwisata Harus Iringan

Diterjemahkan oleh: Kasmono, Oyo Lehmann
Editor: Aziz Karmala
Hak Cipta © Antara 2023