POSPAPUA

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Perusahaan Malaysia dan Jerman tertarik dengan investasi IKN, kata komisi

Tempo.co, JakartaWakil Presiden Bidang Keuangan dan Investasi di Nusantara Capital (IKN) Agung Wigaksono mengatakan banyak organisasi Malaysia Dan Jerman telah menyatakan minatnya untuk berinvestasi dalam pembangunan di IKN.

Agung mengaku menerima tiga surat (Lol) dari tiga perusahaan swasta Malaysia yakni Seven Seasons Preservation Sdn Bhd, Citadel Group Sdn Bhd, dan Ranhill Utilities Berhad.

Ketiga perusahaan tersebut beroperasi di sektor yang berbeda. Misalnya, Seven Seasons Preservation adalah perusahaan energi berkelanjutan. Sementara itu, Citadel Group adalah perusahaan perwalian swasta dan Ranhill Utilities adalah perusahaan penyedia air.

“Malaysia telah menambah LoI (IKN) mereka, sehingga menjadikan mereka sebagai negara dengan jumlah LoI terbanyak. Perlu diketahui, kedua perusahaan mereka telah memasuki uji kelayakan proyek KPBU (Public-Private Partnership). Pembangunan Perumahan ASN ,” Selasa, 30 April 2024, kata On the Go Agung bersama rombongan.

Sementara itu, Ketua Dewan Bisnis Malaysia-Indonesia Datuk Tan Sri Nasir Razak mengatakan IKN berniat berinvestasi di Indonesia karena letak geografisnya yang berbatasan dengan Brunei Darussalam sehingga akan mendongkrak perekonomian mereka.

Naseer mencatat, ada 28 perwakilan perusahaan yang datang untuk melihat peluang bisnis di IKN. Selain itu, sudah ada 3 perusahaan yang berminat berinvestasi di sini, ujarnya.

Lebih lanjut, Akung juga mencatat ketertarikan Jerman untuk memindahkan kedutaannya ke nusantara, serta rencana meningkatkan kerja sama dengan perusahaan Jerman Siemens (MoU).

Kedutaan Besar Jerman di Indonesia yang turut serta dalam delegasi tersebut bahkan sempat mengunjungi kawasan kompleks diplomatik. Kawasan ini nantinya akan dijadikan lokasi misi diplomatik berbagai negara sekutu di Indonesia.

“Perusahaan besar Jerman seperti Siemens dan Commerzbank serta lembaga keuangan Jerman seperti KfW, GIZ dan Ekspor Kredit juga sangat tertarik dengan diskusi dalam kunjungan tersebut,” kata Agung.

READ  KSP bekerja untuk memastikan ketersediaan listrik di seluruh negeri

Ia juga mencatat bahwa raksasa elektronik Jerman Siemens sedang mengkaji peningkatan kerja sama dengan IKN yang dimulai melalui nota kesepahaman pada konferensi Hannover-Messe 2023 tahun lalu. Saat ini Siemens ingin menjajaki kerja sama penyediaan kabel transmisi di bidang energi hijau dan IKN.

Thomas Graf, Wakil Konsul Jenderal Kedutaan Besar Federal Jerman di Indonesia, berharap kunjungan tersebut dapat mempererat persahabatan dengan investasi lebih lanjut dari Jerman.

Antara

Seleksi Guru: Menteri Pahlil mengatakan Indonesia mengutamakan investor lokal di IKN

klik disini mendapatkan Berita terkini Tempo di Google News