POSPAPUA

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Pemerintah bermitra membangun komunitas untuk memajukan pariwisata di Nusantara

Pemerintah bermitra membangun komunitas untuk memajukan pariwisata di Nusantara

Balikpapan (Antara) – Dinas Pariwisata Kalimantan Timur, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif serta mitra pariwisata membangun komunitas di sekitar Ibu Kota Negara (IKN) baru untuk memperkuat pariwisata dan ekonomi kreatif.

Kepala Dinas Pariwisata Kaltim Ririn Sari Devi pada Rabu menggelar temu masyarakat bertajuk “Masyarakat Sebagai Pahlawan Lokal Pariwisata dan Ekonomi Kreatif”.

Dia mengatakan, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandhyaka Uno sedang melakukan perjalanan kerja selama dua hari ke Balikpapan dan IKN, dan agendanya adalah menjajaki area-area yang bisa dijadikan investasi perhotelan.

Tujuan kunjungan adalah meninjau langsung beberapa lokasi utama di IKN antara lain plaza upacara, rencana lokasi Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, rumah dinas Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif serta lokasi investasi perhotelan. kata Devi.

Ia menambahkan, langkah tersebut merupakan bagian dari upaya menteri untuk memperkuat peran masyarakat lokal dalam memajukan pariwisata dan ekonomi kreatif di daerah penyangga IKN.

Ia mengatakan, UNO juga melakukan dialog dengan para pelaku usaha pariwisata dan ekonomi kreatif dalam kunjungannya.

Dialog tersebut bertujuan untuk menggali aspirasi dan tantangan yang dihadapi industri dan mencari solusi untuk lebih mengembangkan sektor ini.

“Kunjungan Menparekraf menandakan komitmen Pemerintah untuk mengembangkan kawasan sekitar IKN sebagai hub baru pertumbuhan ekonomi, khususnya di bidang pariwisata dan industri kreatif,” kata Dewey.

Ia menambahkan, kunjungan UNO ke Kaltim diharapkan dapat memberikan gambaran jelas mengenai potensi dan perkembangan pariwisata dan ekonomi kreatif di wilayah tersebut.

Dengan potensi yang dimilikinya, IKN diharapkan dapat menjadi model pembangunan kota berkelanjutan dan inklusif yang memberikan manfaat bagi masyarakat lokal dan meningkatkan kesejahteraannya, lanjutnya.

Hal ini diikuti oleh sejumlah program dan kebijakan yang dirancang untuk mendukung inovasi, kreativitas dan kewirausahaan di kalangan masyarakat lokal.

READ  Jokowi menginstruksikan Mahfut MD untuk menangani masalah pengungsi Rohingya

Kunjungan Menteri diharapkan memberikan dampak positif dan memperkuat pengembangan lebih lanjut sektor pariwisata dan ekonomi kreatif di Indonesia, khususnya di IKN dan Kalimantan Timur, kata Dewey.

Berita terkait: Pemerintah menggunakan pendekatan penta-helix untuk mempromosikan pariwisata di Nusantara
Berita terkait: Pariwisata, Investasi Ekonomi Kreatif di IKN Rp5,3 Triliun: Pemerintah