POSPAPUA

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Peringatan HUT RI ke-79 akan digelar di IKN dan Jakarta

Peringatan HUT RI ke-79 akan digelar di IKN dan Jakarta

Menjelang Hari Kemerdekaan Indonesia yang ke-79, pentingnya peristiwa ini tidak dapat dilebih-lebihkan. Awalnya sempat terjadi perdebatan mengenai lokasi, bahkan ada yang memperdebatkan ibu kota baru, IKN. Namun, kabar terbaru mengungkapkan bahwa festival ini akan menjadi perayaan ganda yang diadakan di IKN dan Jakarta.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyatakan dukungannya terhadap digelarnya perayaan HUT RI ke-79 di Jakarta dan IKN. Menurut dia, hal itu dinilai karena ibu kota saat ini sedang dalam tahap peralihan perpindahan.

“Bukan, ini masa transisi, masa peralihan dari Jakarta ke IKN Nusantara. Jadi ada perjalanan yang terlihat menuju pergerakan. Jadi masih dilakukan di sini, masih dilakukan di sana,” kata Jokowi CNBC Indonesia.

Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Muhajir Effendi memastikan Presiden Joko Widodo dan Presiden terpilih Prabowo Subianto akan memimpin upacara di IKN Kalimantan.

Wakil Presiden Maruf Amin akan memimpin upacara kemerdekaan di Jakarta yang juga akan dihadiri Wakil Presiden terpilih Gibran Rakabuming Raqqa. Baik IKN maupun Jakarta akan mengikuti rencana yang sama, termasuk mengibarkan bendera Indonesia secara bersamaan.

Sebelumnya, media dalam dan luar negeri menyoroti pengunduran diri Bambang Susandono sebagai Ketua Komisi IKN. Apakah kedua hal ini berhubungan?

Jokowi (Atas izin Sekretariat Negara)

Basuki Hadimuljono, Plt Ketua Komisi IKN, membantah anggapan tersebut. Basuki memastikan persiapan festival masih berjalan sesuai rencana dan ke depan akan dilakukan simulasi.

Ada pula isu apakah mantan presiden seperti Megawati dan SBI akan diundang ke IKN untuk mengikuti upacara kemerdekaan. Rencananya akan mengundang banyak pejabat negara untuk berpartisipasi dalam upacara kemerdekaan.

Namun Muhadjir mengatakan, daftar resmi orang yang akan diundang menghadiri upacara tersebut belum dirilis.

Mantan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Vishnutama akan meresmikan fungsi tersebut di IKN. Vishnuthama bertanggung jawab atas desain panggung, tenda, dan rangkaian acara untuk memastikan kelancaran dan standar tinggi festival tersebut.

READ  Muratara yang dilanda banjir di Sumatera Selatan masih menghadapi pemadaman listrik

Apakah artikel ini berguna? Lihat artikel kami yang lain Orang luar sosial Untuk rekomendasi makanan dan minuman lainnya di Indonesia: