POSPAPUA

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Perdagangan barang bilateral antara Singapura dan Indonesia meningkat sebesar 21% pada tahun 2021: MTI

Perdagangan barang bilateral antara Singapura dan Indonesia meningkat sebesar 21% pada tahun 2021: MTI

SINGAPURA: Perdagangan barang bilateral antara Singapura dan Indonesia mencapai S$59,1 miliar pada 2021 — meningkat 21 persen dibandingkan tahun sebelumnya, Kementerian Perdagangan dan Perindustrian mengatakan Rabu (1 Juni).

MTI merilis angka tersebut sehari setelah Menteri Perdagangan dan Industri Jan Kim Young mengakhiri kunjungannya ke Jakarta, di mana ia menegaskan kembali hubungan ekonomi bilateral yang kuat dan peluang untuk kerjasama yang erat dengan Indonesia.

Singapura dan Indonesia memiliki hubungan ekonomi bilateral yang sangat baik. “Indonesia merupakan pasar utama bagi perusahaan Singapura yang ingin merambah ke luar negeri,” kata Jan yang berada di Jakarta pada 29 Mei hingga 31 Mei.

“Kami akan terus bekerja sama dengan pemerintah Indonesia untuk memperdalam hubungan ekonomi bilateral kami dan membantu bisnis kami mengeksplorasi peluang baru di Indonesia.”

Menurut MTI, Indonesia merupakan mitra dagang terbesar keenam Singapura. Singapura juga menjadi sumber investasi asing langsung (FDI) terbesar di Indonesia sejak 2014.

Pada tahun 2021, total nilai investasi yang berasal dari Singapura di Indonesia sebesar 12,8 miliar dolar Singapura atau 14,9 persen dari total investasi asing langsung di Indonesia.

memperdalam kerjasama bilateral

Dalam perjalanannya, Gan bertemu dengan Menteri Investasi Indonesia Bhelil Hadalia, Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Arivin Tasrif, dan Ketua Badan Permodalan Nasional Nusantara Bambang Susantono.

Dalam pertemuan tersebut, kedua pihak menyatakan minatnya untuk memperdalam kerja sama bilateral di bidang energi, pembangunan infrastruktur, dan ekonomi digital.

Bapak Jan juga menghadiri acara perdagangan GlobalConnect @ SBF yang diselenggarakan oleh Singapore Business Federation (SBF) yang diadakan di Singapore Enterprise @ Jakarta pada tanggal 31 Mei, di mana beliau bertemu dengan beberapa perwakilan bisnis Singapura yang berbasis di Jakarta.

READ  Manfaat budidaya rumput laut bagi perekonomian Indonesia

Dalam perjalanannya, Bapak Jan juga bertemu dengan perwakilan bisnis dari perusahaan-perusahaan Indonesia di sektor keuangan, energi dan teknologi.

MTI mengatakan telah mengunjungi kota Bumi Serpong Damai di Tangerang selatan, di mana ia mengunjungi fasilitas pengembangan Transit-Oriented yang akan berfungsi sebagai titik koneksi penting antara Tangerang dan Jakarta.