POSPAPUA

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Penghargaan Musik Aborigin Nasional 2022: Bintang menghormati Archie Roach dalam gala emosional | musik Australia

Penghormatan sentimental kepada mendiang penyanyi Gundegmara Bundgalong Archie Roach menjadi inti dari Penghargaan Musik Aborigin Nasional di Darwin Sabtu malam.

Sekelompok seniman, yang dipimpin oleh Emma Donovan dan Fred Lyon, termasuk Shelley Morris, Leah Flanagan, Byrds Wermal dan William Barton, berkumpul di atas panggung untuk memberikan penghormatan kepada paman tercinta mereka Archie, yang meninggal minggu lalu setelah lama sakit pada usia 66.

Mereka menampilkan We L Cry dari albumnya tahun 2012 In The Blood. Sebagian besar penonton menyeka air mata mereka saat menyanyikan lagu agung: “Aku di sini di sisimu / Jangan lupakan itu / Aku bersamamu di jalan ini / Lepaskan apa yang ada di dalam dirimu / Kamu tidak akan menyesal / Bersama kita bisa meringankan beban ini.”

Untuk pertama kalinya dalam dua tahun, karena pembatasan Covid, Penghargaan Musik Pribumi Nasional di bawah bintang-bintang diadakan dalam konser langsung di Kebun Raya Darwin, pada malam musim kemarau yang sempurna, yang diselenggarakan oleh Kukuyalanji-Waanyi-Gangalidda-Woppaburra – Bungalong Penulis dan seniman Birib Stephen Oliver.

Awal minggu ini, Oliver memberi hormat La Roche berkata, “Beberapa orang akan berkata… [have] kehilangan suara. Tetapi bagaimana Anda kehilangan suara yang telah menjadi begitu mendarah daging di dalam suatu bangsa, tanah, dan negara sehingga secara kolektif menjadi bagian integral dari jiwa?

“Dia lebih dari seorang penyanyi, dia pendongeng. Dia lebih dari seorang front man, dia seorang pemimpin. Lebih dari artis solo, dia berharap banyak dari kita untuk masa depan yang lebih baik dan baik hati dan jujur,” kata Oliver.

Dia adalah pemenang terbesar malam itu Baker Boy bintang Yolengoyang memenangkan Artist of the Year dan Album of the Year untuk debutnya, Gila.

Grup selancar Yolngo, King Stingray, telah memenangkan Song of the Year untuk Fans’ Favorite MilkmanaSebuah lagu tentang transfer pengetahuan dan berbagi.

Penulis lagu dan musisi Barka Malyangapa-Barkindji memenangkan penghargaan Film Clip of the Year Raja Coklatsebuah perayaan wanita kulit hitam independen dan kekuatan matriarki kulit hitam.

Berlangganan untuk menerima email gaya hidup dan budaya akhir pekan ini di Guardian Australia

Bukti kecemerlangan musik berjalan dalam keluarga, Artis Freelance Gumbaynggirr-Bundjalung Jem Cassar-Daley Dia memenangkan Penghargaan Bakat Baru. Jim adalah putri dari legenda musik country Troy Cassar Daly, yang telah memenangkan 44 penghargaan yang menakjubkan di Country Music Awards.

Penghargaan Archie Roach Foundation diberikan kepada Rapper dan drummer Moraori Dobby.

Almarhum Gurrumul dilantik ke Hall of Fame dalam sebuah upacara yang dipimpin oleh saudaranya dan salah satu pendiri Saltwater Band Manuel Durkay.

Malam itu menjadi tuan rumah pertunjukan langsung oleh sederet talenta First Nations yang mengesankan termasuk King Stingray, Birdz, Fred Leone, Emma Donovan, Putbacks, Yirrmal, dan Penari Bendera Merah.

“[I’m] Direktur kreatif penghargaan tersebut, Ben Graz, mengatakan merupakan suatu kehormatan… berada di landasan bersama komunitas. “Perayaan secara langsung akan menjadi sesuatu yang akan saya ingat untuk waktu yang sangat lama. Juga ingat, menghormati dan memberi penghormatan kepada Dr. J dan Paman Archie adalah sorotan nyata.”

READ  Lukisan biru rumah pembuat Muppets Jim Henson di London | boneka