POSPAPUA

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Peneliti Tiongkok Lu Haina terpilih sebagai anggota Prosedur Khusus Dewan Hak Asasi Manusia PBB


(ECNS) — Peneliti hak asasi manusia asal Tiongkok, Lu Haina, terpilih sebagai anggota Kelompok Kerja Diskriminasi terhadap Perempuan dan Anak Perempuan Dewan Hak Asasi Manusia PBB pada sesi reguler ke-54 Dewan Hak Asasi Manusia PBB pada hari Jumat.

Lu adalah satu-satunya pakar Tiongkok dalam prosedur khusus Dewan Hak Asasi Manusia PBB dan pakar Tiongkok kedua yang terpilih untuk posisi tersebut sejak didirikan pada tahun 1967.

Lu saat ini menjabat Direktur Eksekutif Pusat Penelitian Hak Asasi Manusia di Universitas Renmin Tiongkok dan profesor di Fakultas Hukum Universitas Renmin Tiongkok.

Dia juga anggota Masyarakat Tiongkok untuk Studi Hak Asasi Manusia dan dewan editorial Jurnal Hak Asasi Manusia.

Lu meraih gelar doktor di bidang hukum dari Universitas Katolik Leuven di Belgia, dan gelar master di bidang hak asasi manusia dari Pusat Hak Asasi Manusia Norwegia.

Kelompok Kerja Diskriminasi terhadap Perempuan dan Anak Perempuan, yang terdiri dari lima ahli independen dengan perwakilan geografis yang seimbang, bertujuan untuk mengintensifkan upaya penghapusan segala bentuk diskriminasi terhadap perempuan dan anak perempuan di seluruh dunia.

Sesuai dengan prosedur khusus Dewan Hak Asasi Manusia PBB, Lu akan menjabat untuk jangka waktu tiga tahun dan berhak untuk dipilih kembali.


READ  Xi membela kebijakan virus corona China yang tidak menyebar di tengah penguncian Shanghai untuk mengekang peningkatan tajam dalam kasus