POSPAPUA

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Pemimpin Myanmar yang digulingkan Suu Kyi muncul dengan seragam penjara di pengadilan

Pemimpin Myanmar yang digulingkan Aung San Suu Kyi muncul di pengadilan pada hari Jumat dengan mengenakan kemeja putih dan jaket cokelat, pakaian standar untuk tahanan di negara Asia Tenggara itu, kata seorang sumber yang mengetahui proses pengadilan.

Pengadilan menghukum Suu Kyi, peraih Nobel berusia 76 tahun, bulan ini empat tahun penjara karena penghasutan dan melanggar peraturan virus corona. Hukumannya kemudian dikurangi menjadi dua tahun penjara di lokasinya yang dirahasiakan saat ini.

Ini adalah pertama kalinya Suu Kyi, yang dikenal mengenakan pakaian tradisional yang anggun terkadang dengan hiasan bunga mawar di rambutnya, terlihat mengenakan seragam penjara di pengadilan dan tidak jelas apakah ini menunjukkan perubahan yang lebih luas dalam cara dia dan senior lainnya. pejabat bekerja. sedang menjalani pengobatan.

Myanmar berada dalam kekacauan sejak kudeta terhadap pemerintah Suu Kyi yang terpilih secara demokratis memicu protes luas dan menimbulkan kekhawatiran internasional tentang berakhirnya reformasi politik sementara setelah beberapa dekade pemerintahan militer.

Hukuman ini adalah yang pertama dari hampir selusin kasus terhadap Suu Kyi yang membawa hukuman maksimum gabungan lebih dari 100 tahun penjara. Suu Kyi membantah semua tuduhan terhadapnya.

Sumber, yang meminta untuk tidak disebutkan namanya, kata Myo Aung, mantan walikota ibukota Naypyitaw, yang juga diadili, juga terlihat di pengadilan mengenakan seragam penjara pada hari Jumat.

Sarung melingkar, yang dikenal sebagai lungi, adalah pakaian tradisional yang dikenakan oleh pria dan wanita di Myanmar.

Dalam sambutan yang diterbitkan pada hari Selasa, Gubernur Militer Min Aung Hlaing mengatakan di media pemerintah bahwa Suu Kyi dan Presiden yang digulingkan Win Myint akan tetap berada di tempat yang sama selama persidangan mereka dan tidak akan dikirim ke penjara.

READ  Ribuan orang berkumpul untuk 'merangkul' Danau Mar Menor yang sekarat di Spanyol

Suu Kyi, putri pahlawan kemerdekaan Myanmar, menghabiskan bertahun-tahun di bawah tahanan rumah karena penentangannya terhadap pemerintahan militer, tetapi dibebaskan pada 2010 dan memimpin partai Liga Nasional untuk Demokrasi (NLD) meraih kemenangan telak dalam pemilihan 2015 sebelum dia ditangkap setelah Februari. 1. Kudeta militer.

Persidangannya di Naypyitaw tertutup untuk media dan pengacara Suu Kyi tidak diberi akses ke media dan publik.