POSPAPUA

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Angkatan Udara AS mengatakan dua anggota awak yang mendukung penerbangan luar negeri Blinken telah dinyatakan positif

Menteri Luar Negeri AS Anthony Blinken tiba di Bandara Subang di Kuala Lumpur, Malaysia, 14 Desember 2021. Olivier Dollere/Paul via Reuters

Daftar sekarang untuk mendapatkan akses gratis tanpa batas ke Reuters.com

Seorang juru bicara Angkatan Udara AS mengatakan bahwa dua anggota awak Angkatan Udara AS yang mendukung perjalanan Menteri Luar Negeri AS Anthony Blinken pekan lalu ke Inggris dan Asia Tenggara telah dinyatakan positif terkena virus corona.

Kasus-kasus baru, yang sebelumnya tidak diungkapkan, menjadikan jumlah total orang yang dinyatakan positif COVID-19 yang bepergian dengan penerbangan Blinken minggu lalu menjadi tiga. Rabu , Kementerian Luar Negeri mengungkapkan Seorang anggota korps pers yang menemani diplomat top AS dalam perjalanan itu juga dinyatakan positif.

Angkatan Udara tidak mengatakan kapan atau pada penerbangan Blinken yang mana para anggota kru dinyatakan positif. Kasus wartawan itu diidentifikasi positif pada Selasa malam, setelah ia menjalani tes setibanya di ibukota Malaysia, Kuala Lumpur, di mana orang tersebut tetap diisolasi.

Daftar sekarang untuk mendapatkan akses gratis tanpa batas ke Reuters.com

“Kedua awak pesawat telah sepenuhnya divaksinasi. Tidak ada kontak dekat yang terjadi dengan Sekretaris Negara atau staf senior,” kata juru bicara Angkatan Udara kepada Reuters dalam email Jumat malam. “Satu anggota kru tidak menunjukkan gejala, sementara yang lain memiliki gejala ringan.”

“Keduanya mengikuti protokol COVID-19 dari negara tuan rumah,” kata juru bicara itu, mencatat bahwa orang-orang dikeluarkan dari pesawat di lokasi di mana mereka diidentifikasi sebagai kasus positif.

Awal pekan ini, Blinken terpaksa mempersingkat perjalanannya ke Asia Tenggara setelah Departemen Luar Negeri mengungkapkan bahwa seorang anggota tim jurnalis perjalanannya dinyatakan positif. Blinken telah mengunjungi Indonesia pada hari Senin, tetapi setelah jurnalis tersebut dinyatakan positif COVID, Blinken membatalkan perjalanan terakhir dan kembali ke Washington tanpa melakukan perjalanan ke Thailand.

READ  Prioritas regional yang terukur untuk keanekaragaman hayati nasional dan perencanaan konservasi karbon di Asia

“Hasil pemeriksaan Blinken dan staf seniornya” kembali negatif setelah kasus positif di kalangan wartawan, kata juru bicara Departemen Luar Negeri Ned Price, Rabu. Namun, pernyataan Price tidak menyebutkan orang lain yang bepergian dengan pesawat bersama Blinken.

Ketika ditanya pada hari Sabtu tentang dua kru, juru bicara Departemen Luar Negeri tidak berkomentar langsung tentang mereka. “Sehubungan dengan pengungkapan, seperti biasa dalam pelacakan kontak dan sesuai dengan pedoman CDC, kami melaporkan kasus positif ke kontak dekat,” kata badan tersebut.

Perjalanan Blinken ke Asia Tenggara adalah yang pertama bagi Blinken ke kawasan itu sejak Presiden Joe Biden menjabat pada Januari.

Pemerintahan Biden telah berusaha untuk memperkuat hubungan dengan kawasan yang menjadi tidak pasti tentang komitmen AS selama periode yang dianggap diabaikan di bawah mantan Presiden Donald Trump.

China telah memperluas pengaruhnya di Asia Tenggara, mendorong investasi dan integrasi perdagangan, sementara Trump menarik diri dari Perjanjian Perdagangan Pasifik yang diilhami AS yang berusaha menantang kekuatan ekonomi Beijing.

Daftar sekarang untuk mendapatkan akses gratis tanpa batas ke Reuters.com

(Laporan oleh Phil Stewart di Washington Editing oleh Matthew Lewis

Kriteria kami: Prinsip Kepercayaan Thomson Reuters.