POSPAPUA

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Ibu kota baru Indonesia bisa membuka potensi maritimnya

Ibu kota baru Indonesia bisa membuka potensi maritimnya

Ketika keadaan mulai tenang pada pemilu Indonesia 2024, masing-masing pasangan calon presiden dan wakil presiden berikutnya adalah Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka. Mantan jenderal bintang tiga dan putra presiden saat ini telah berjanji untuk melanjutkan pembangunan ekonomi ambisius dan proyek infrastruktur warisan Presiden Joko “Jokowi” Widodo, termasuk memindahkan ibu kota administratif dari Jakarta ke Ibu Kota Nusantara (IKN) di Kalimantan Timur.

Rencana relokasi tersebut bukan sekedar langkah politik untuk melindungi warisan Presiden Jokowi. Dengan beberapa pertimbangan strategis, Prabowo dapat mengubah ibu kota baru dan wilayah maritim di sekitarnya menjadi pusat maritim regional – dan global – yang baru. Pemerintah berencana mengembangkan dua pelabuhan di dekat IKN. Kuala Samboja dan MarangayuHal ini akan mendukung pengembangan logistik dan industri di sekitar kawasan.

Untuk mewujudkan potensi IKN, Indonesia harus menghadirkan pendekatan yang seimbang terhadap kebijakan keamanan maritim dan ekonomi, memperluas konektivitas di luar negara kepulauan, dan memanfaatkan peluang regional.

Dalam lima tahun masa kepresidenannya, Prabowo diperkirakan akan memproyeksikan posisi politik dan pengaruh Indonesia dalam isu-isu regional dan global. Ia akan melakukan hal ini melalui kombinasi kebijakan luar negeri dan diplomasi pertahanan, dengan memanfaatkan pengalamannya sebagai menteri pertahanan.

Berasal dari latar belakang militer, Prabowo memiliki pandangan realistis mengenai kebijakan luar negeri dan masalah keamanan. Berbeda dengan dua calon presiden lainnya, retorika kampanye dan pernyataan visi resmi Prabowo menekankan pada isu-isu maritim, namun fokus ke dalam negeri. Hal ini mencakup seruan untuk melakukan swasembada pangan melalui budi daya perairan dan penangkapan ikan di laut dalam, meningkatkan logistik maritim darat melalui peningkatan infrastruktur pelabuhan, memperluas jaringan transportasi laut dan melakukan investasi pada sumber daya manusia maritim. Semua pernyataan tersebut bertumpu pada penetapan ibu kota baru sebagai pusat pembangunan masa depan di luar Pulau Jawa.

Seruan Prabowo untuk memperkuat kedaulatan Indonesia sebagai negara kesatuan merupakan sebuah hal yang unik. Dia mengambilnya laut Cina Selatan Pada debat calon presiden ketiga pada 7 Januari 2024, Indonesia tidak memberikan strategi bagaimana menjaga perdamaian dan stabilitas kawasan. Sebaliknya, Prabowo menekankan bahwa Indonesia harus membangun kemampuan maritim yang kuat dalam menghadapi permasalahan di masa depan yang mungkin timbul di seluruh nusantara.

Postur pertahanan dan keamanan yang kuat akan menguntungkan modal masa depan karena kedekatannya dengan negara tetangga Indonesia, serta jalur laut kepulauan kedua – salah satu dari tiga jalur laut kepulauan yang diperuntukkan bagi navigasi maritim internasional. Di ujung selatannya, jalur laut ini terhubung dengan Samudera Hindia melalui Selat Lombok, sedangkan ujung utaranya terhubung dengan Laut Sulu dan Samudera Pasifik. Merupakan jalur laut maritim yang sangat strategis karena menjadi jalur alternatif bagi kapal-kapal berukuran besar untuk melewati Selat Malaka.

Kekhawatiran keamanan mengenai jalur laut yang ditimbulkan oleh kelompok militan seperti Abu Sayyaf di Filipina sebagian besar telah diatasi. Sejak penandatanganan Perjanjian Kerjasama Tripartit tahun 2017, Patroli Maritim Trilateral Perairan Sulu dan Sulawesi antara Indonesia, Malaysia dan Filipina mengalami penurunan tajam dalam kasus perampokan bersenjata, penculikan dan terorisme maritim. Kerja sama praktis ini menunjukkan komitmen Indonesia dalam melindungi hubungan maritim yang penting. Indonesia telah meningkatkan mekanisme patroli yang ada dengan menggabungkan sistem drone dan satelit untuk meningkatkan kemampuan pengawasan.

Prabowo dan Gibran sama-sama punya Mereka menyuarakan dukungannya Untuk melanjutkan proyek ibu kota baru. Gibran telah menyatakan komitmennya untuk mendorong transformasi ekonomi Indonesia dengan memanfaatkan teknologi mutakhir untuk memberdayakan usaha mikro, kecil, dan menengah di negara ini. Keduanya berjanji menjadikan IKN sebagai 'super-hub' dalam memanfaatkan ekosistem digital untuk pembangunan ekonomi Indonesia.

Retorikanya sangat mirip dengan retorika Presiden Jokowi yang memuat warisannya dalam mengembangkan perekonomian dan infrastruktur Indonesia untuk menghubungkan nusantara. Namun Prabowo akan menunjukkan pengaruhnya pada IKN dengan mendorong kemajuan di wilayah sekitarnya sebagai benteng perekonomian ibu kota. Kemajuan telah dicapai dalam pengembangan Balikpapan, yang akan menjadi penggerak bisnis utama IKN, mengingat kedekatannya dengan ibu kota baru. Makassar adalah pelabuhan baru Proyek tersebut akan menjadi pelabuhan komersial terbesar di kawasan timur Indonesia.

Pendirian IKN bukan sekadar upaya pemindahan ibu kota pemerintahan dari Jawa ke Kalimantan. Kawasan IKN yang dikembangkan akan meningkatkan lalu lintas niaga melalui jalur laut kepulauan kedua, meningkatkan kepentingan ekonomi di wilayah timur Indonesia dan memberikan jalur alternatif yang menghubungkan Samudera Hindia dan Pasifik. ingin Presiden baru Jika peluang ini berhasil dimanfaatkan, sebuah pusat maritim global dapat muncul di tengah-tengah Indo-Pasifik.

Artikel ini adalah yang pertama Diterbitkan Di Forum Asia Timur.

Klang Kembara S. Rajaratnam adalah peneliti di School of International Studies (RSIS).

READ  Indonesia, PHL hampir berurusan dengan produk halal