POSPAPUA

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Tougher COVID-19 curbs begin as virus cases skyrocket in Indonesia

Pembatasan COVID-19 semakin ketat saat kasus virus meningkat di Indonesia – Nasional

Agensi Pers Prancis

Jakarta
Sabtu 3 Juli 2021

2021-07-03
14:20

6f088072615a978e43b39d144e1b9c6e
2
Nasional
Jakarta, Indonesia, COVID-19, kuncian
Gratis

Pemerintah memberlakukan penguncian sebagian pada hari Sabtu di Jakarta, di seluruh pulau utama Jawa dan di Bali ketika Indonesia memerangi gelombang infeksi virus corona yang belum pernah terjadi sebelumnya.

Masjid, restoran, dan mal telah ditutup di pusat virus di seluruh negara mayoritas Muslim, yang mencatat lebih dari 25.000 kasus baru dan 539 kematian pada hari Jumat, keduanya merupakan rekor baru.

Jumlah kasus harian di Indonesia meningkat lebih dari empat kali lipat dalam waktu kurang dari sebulan. Tetapi jumlah resmi negara itu sejauh ini, pada 2,2 juta kasus dan 59.534 kematian, secara luas diyakini diremehkan karena penurunan pengujian.

Krisis telah mendorong sistem perawatan kesehatan negara itu ke jurang kehancuran dengan tenda-tenda darurat di luar fasilitas medis yang penuh sesak.

Koridor rumah sakit dipenuhi dengan pasien yang berbaring di tandu, dan pasien yang terinfeksi telah ditolak dari rumah sakit yang tidak dapat menangani arus masuk.

Kementerian kesehatan mengatakan jenis virus delta, yang pertama kali diidentifikasi di India dan sekarang hadir di setidaknya 85 negara, telah mendorong gelombang terbaru dan menyumbang lebih dari 80 persen kasus baru di beberapa daerah.

Strain ini adalah yang paling menular dari semua jenis Covid-19 yang diidentifikasi sejauh ini.

“(Peningkatan) ini terutama karena tipe delta,” kata Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadkin, Jumat.

“Itu ada di setiap negara – tidak ada yang aman.”

Para ahli sebelumnya memperingatkan bahwa jutaan orang yang bepergian ke seluruh negeri pada akhir bulan puasa Ramadhan di bulan Mei dapat menyebabkan ledakan kasus.

READ  Dampak ekonomi dari transisi demografis di Tiongkok

Langkah-langkah baru yang diumumkan oleh Presiden Indonesia Joko “Widodo” Widodo minggu ini akan berjalan hingga 20 Juli dengan harapan membawa jumlah infeksi harian di bawah 10.000.

Presiden Jokowi telah lama menolak penguncian ketat yang terlihat di negara-negara lain yang dilanda virus, dengan mengatakan mereka dapat menghancurkan ekonomi terbesar di Asia Tenggara tempat jutaan orang hidup berdampingan.

Tetapi semua karyawan yang tidak penting sekarang diharuskan untuk bekerja dari rumah, sementara kelas hanya akan diadakan secara online.

Pembatasan juga akan berlaku untuk pulau wisata Bali, yang telah dilanda lonjakan terbaru dalam kasus-kasus yang menunda rencana untuk membuka kembali pintunya bagi wisatawan internasional.

Pakar kesehatan telah memperingatkan bahwa tindakan yang lebih ketat mungkin tidak cukup.

Pembatasan masih memungkinkan transportasi umum yang sering padat untuk terus beroperasi dengan kapasitas yang dikurangi, sementara perjalanan lokal melalui laut, udara, dan bus akan tersedia untuk orang-orang yang telah menerima setidaknya satu dosis vaksin.

“Bagaimana Anda melakukan jarak fisik di angkutan umum?” Kata ahli epidemiologi Windu Purnomo.

“Pemerintah terus memprioritaskan ekonomi dengan membiarkan orang bergerak.”