POSPAPUA

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Pelabuhan Sanur diharapkan selesai sebelum KTT G20: Walikota

Selain untuk sektor pariwisata, pendirian pelabuhan tersebut bertujuan untuk mendukung festival kerohanian masyarakat.

Denpasar, Bali (Andara) – Wali Kota Denpasar I Gusti Ngurah Jaya Negara mengatakan pembangunan Pelabuhan Sanur di Denpasar, Bali akan selesai pada September 2022, tepat sebelum KTT G20.

“Selain untuk sektor pariwisata, pendirian pelabuhan ini bertujuan untuk mendukung festival spiritual masyarakat,” katanya saat mendampingi Menteri Perhubungan Pudi Kariya Sumathi di Jakarta, Sabtu, untuk meninjau progres pembangunan pelabuhan.

Ia juga mengatakan, pembangunan pelabuhan perlu dilakukan mengingat tingginya pergerakan penduduk antara Kota Denpasar di Kecamatan Klungkung dan Pulau Nusa Benida.

Berita Terkait: Kementerian telah mulai bekerja untuk menyiapkan terminal penumpang di Pelabuhan Sanur

Oleh karena itu, pihaknya akan merancang sejumlah fasilitas penunjang pelabuhan agar pelabuhan tersebut bermanfaat bagi masyarakat, usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) dan pelaku komersial lainnya di sekitar kawasan pantai Sanur.

Pada hari Sabtu, Menteri Perhubungan meninjau pelabuhan Sanur dan memastikan kualitas dan pelaksanaan proyek sesuai dengan target yang ditetapkan.

Selain Wali Kota Denpasar, ia didampingi Gubernur Polly I Wayne Coaster dan sejumlah pejabat kementerian.

Pekerjaan pembangunan pelabuhan tersebut kini telah mencapai 81,08 persen penyelesaian dari target yang sebenarnya 71,16 persen.

Berita Terkait: Menhub meninjau pembangunan Pelabuhan Sanur di Bali

Sanur adalah tujuan populer dan sangat penting untuk merancang Bali sebagai hub yang menghubungkan pulau-pulau di sekitar Bali, kata Sumathi.

Ia juga mengatakan KTT G20 2022 akan digelar pada 15 dan 16 November di Bali.

“Pelabuhan itu ditargetkan beroperasi pada Oktober,” tambahnya.

Kementerian Perhubungan memulai pengembangan Pelabuhan Sanur pada Desember 2021 dengan rencana anggaran tahun jamak sebesar Rp398 miliar (US$27,4 juta).

READ  ASEAN dan Amerika Serikat sepakat untuk mengintensifkan kerja sama dalam mitigasi perubahan iklim

Menhub juga mengunjungi aula pelabuhan Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai untuk meninjau pelabuhan dan meninjau kesiapan bandara untuk menyambut delegasi KTT G20.

Berita Terkait: 2022 G20: Papua Barat mempersiapkan KTT Y20 ke-4

Berita Terkait: G20: Pertemuan HWG ke-2 untuk membahas fasilitasi akses ke kesehatan global