POSPAPUA

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

PBB kutuk kudeta militer di Myanmar, serukan embargo senjata

Majelis Umum PBB pada hari Jumat mengutuk kudeta militer di Myanmar dan menyerukan embargo senjata terhadap negara itu, Associated Press Laporan.

mengapa itu penting: Langkah langka itu menunjukkan oposisi global yang meluas terhadap junta militer Myanmar, yang menggulingkan pemerintah yang dipilih secara demokratis di negara itu dan merebut kekuasaan pada 1 Februari.

Dapatkan berita pasar yang berharga dengan Axios Markets. Daftar gratis.

Gambar besar: Ratusan tewas dan ribuan ditangkap dalam tindakan keras tentara terhadap pengunjuk rasa anti-kudeta.

  • Junta militer mengajukan tuntutan resmi terhadap pemimpin terpilih Myanmar terguling Aung San Suu Kyi dan pejabat lainnya yang ditahan. minggu lalu.

  • Resolusi tidak mengikat pada hari Jumat menyerukan militer untuk segera dan tanpa syarat membebaskan Presiden Win Myint, Suu Kyi dan pejabat lainnya, serta “semua orang yang telah ditangkap, didakwa atau ditahan secara sewenang-wenang,” menurut Associated Press.

  • Resolusi itu disahkan dengan 119 negara memilih “ya”, Belarusia memilih “tidak”, dan 36 negara abstain, menurut Associated Press.

memperdalam: Komisaris Tinggi Hak Asasi Manusia mengutuk pembangunan militer di Myanmar

Selengkapnya dari Axios: Daftar untuk tren pasar terbaru dengan Axios Markets. Berlangganan gratis

READ  Korea Selatan meluncurkan prototipe KF-X