POSPAPUA

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Afrika: Engie and Energy Meluncurkan “DeFi” untuk Pembiayaan Jaringan Mikro

Bagaimana akses listrik di daerah pedesaan dibiayai? Hal ini menjadi perhatian utama bagi penyedia solusi akses listrik terdesentralisasi. Engie Energy Access mencoba menemukan jawaban atas pertanyaan yang menjengkelkan ini dengan membuat platform crowdfunding “DeFi” untuk keuangan terdesentralisasi. Raksasa energi Prancis Engie sedang mengembangkan solusi ini dalam kemitraan dengan Energy Web, sebuah platform yang menggunakan blockchain untuk memfasilitasi akses ke listrik.

Energy Web akan mengembangkan platform baru di jantung kemitraan antara kedua entitas. Awalnya, ini akan mencakup integrasi paket teknologi Energy Web dengan platform Engie. Program DeFi akan memungkinkan setiap investor untuk membiayai pemasangan sistem energi bersih di rumah-rumah di Afrika sub-Sahara. Sistem off-grid ini akan disediakan oleh Engie Energy Access melalui dua perusahaannya, Fenix ​​​​International dan Engie Mobisol yang mendistribusikan sistem solar home, serta Engie PowerCorner yang memasang tata surya kemas di daerah pedesaan Afrika sub-Sahara.

Transaksi berbasis mata uang elektronik

Dengan platform crowdfunding DeFi yang terdesentralisasi, investor akan menggunakan Energy Web Tokens (EWT), token asli dari saluran Energy Web, dengan tingkat bunga tetap. Menurut Engie Energy Access, pengaturan ini akan membuka modal dari pasar cryptocurrency global, menyediakan sumber modal baru yang penting untuk menyebarkan energi bersih di Afrika. “Untuk mengurangi risiko bagi semua pihak yang terlibat, Dana Komunitas Web Energi akan mendukung platform fase pertama,” Kata perusahaan Gillian-Alexandre Huart yang dipimpinnya.

Baca juga- Afrika: elektrifikasi global melalui jaringan surya kecil di luar jaringan

Pada fase kedua, Energy Web akan bekerja sama dengan Engie Energy Access untuk memberikan pengidentifikasi terdesentralisasi (DID) unik untuk perangkat atap dan perangkat surya yang digunakan oleh Engie. Dengan cara ini, pulsa dapat ditambahkan langsung ke perangkat masyarakat untuk mendukung akses mereka ke listrik.

READ  COVID-19: Lebih dari dua juta orang Hong Kong sekarang telah divaksinasi sepenuhnya

Solusi baru ini harus memfasilitasi penyebaran sistem energi bersih terdesentralisasi di Afrika sub-Sahara, sehingga mempercepat elektrifikasi daerah pedesaan. Saat ini, 580 juta orang di Afrika Sub-Sahara tidak memiliki akses listrik. Rumah surya dan sistem jaringan kecil adalah alternatif yang layak untuk mengubah situasi di daerah pedesaan.

Jean Marie Taculio