POSPAPUA

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Pasien cacar monyet pertama di Kamboja sembuh: juru bicara kesehatan

TEMPO.CODan Phnom Penh Pada hari Sabtu, seorang juru bicara kesehatan mengatakan bahwa kasus cacar monyet impor pertama Kamboja, yang lolos dari Thailand meskipun hasil tes positif, telah pulih setelah menerima perawatan selama hampir dua minggu.

Pihak berwenang Kamboja menangkap pria Nigeria, Osmond Chihazirim Nzerim, 27, di distrik Chamkarmon ibukota pada 23 Juli, dan dia dikirim ke rumah sakit untuk perawatan.

“Pria Nigeria, yang dirawat di rumah sakit untuk perawatan cacar monyet di Rumah Sakit Persahabatan Soviet Khmer, keluar dari rumah sakit pada pagi hari 6 Agustus 2022,” Or Vanden, Menteri Luar Negeri dan Juru Bicara Kementerian Kesehatan, mengatakan dalam siaran pers.

Dia mengatakan pembebasan pria itu terjadi setelah hasil tesnya dari Institut Pasteur di Kamboja pada hari Jumat dinyatakan negatif untuk cacar monyet.

Vanden menambahkan bahwa kelima orang di Kamboja yang diketahui telah melakukan kontak langsung dengan pria itu telah dites negatif untuk penyakit tersebut.

Organisasi Kesehatan Dunia menyatakan pada 23 Juli bahwa wabah cacar monyet saat ini di beberapa negara di luar daerah endemik tradisional Afrika telah berubah menjadi darurat kesehatan masyarakat yang menjadi perhatian internasional.

Xinhua

Klik di sini untuk mendapatkan update berita terbaru dari Tempo di Google News

READ  Bravo ASEAN - Senin, 8 Agustus 2022