POSPAPUA

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Para pemimpin industri teknologi memperingatkan bahwa langkah-langkah peningkatan modal akan menghambat kewirausahaan

Buka gambar ini di galeri:

Menteri Keuangan Chrystia Freeland mempresentasikan anggaran federal di House of Commons di Ottawa sementara Perdana Menteri Justin Trudeau, kanan, menyaksikan pada 16 April.Adrian Wild/Pers Kanada

Kenaikan pajak keuntungan modal di Ottawa akan berdampak buruk pada ekonomi inovasi dan menghambat investasi dan pengambilan risiko, kata para pemimpin industri teknologi setelah anggaran federal dirilis minggu ini.

Mereka mengatakan perubahan tersebut dapat membuat para pendiri dan pekerja teknologi enggan mendirikan perusahaan di Kanada dan menghambat pendanaan ventura dengan mengurangi keuntungan yang dapat diperoleh investor.

“Industri teknologi memandang anggaran ini sebagai hal yang bermusuhan,” kata Benjamin Bergen, presiden Dewan Inovator Kanada, sebuah kelompok industri teknologi, dalam sebuah wawancara. “Hal ini menunjukkan kesalahpahaman mendasar mengenai cara kerja ekonomi inovasi. Pada akhirnya, hal ini akan merugikan negara kita.” perusahaan dan dana investasi.

Berdasarkan perubahan yang diumumkan dalam anggaran hari Selasa, perusahaan akan membayar pajak penghasilan atas dua pertiga dari pendapatan capital gain mereka setiap tahun, naik dari setengahnya. Peningkatan yang sama berlaku untuk individu, tetapi hanya untuk keuntungan modal lebih dari $250,000. Pemerintah mengatakan bahwa langkah-langkah ini, mulai tanggal 25 Juni 2024, akan menambah kas pemerintah sebesar $19,4 miliar selama lima tahun.

Langkah ini akan Hal ini mempengaruhi orang-orang yang menjual aset untuk mendapatkan keuntungan, termasuk mereka yang menjual bisnisnya, mengubah opsi saham menjadi saham biasa, atau menjadikan bisnisnya publik.

Kim Furlong, CEO Asosiasi Modal Ventura dan Ekuitas Swasta Kanada, mengatakan langkah-langkah anggaran ini terjadi pada “waktu yang paling buruk”. Dia mencatat bahwa suku bunga tetap tinggi, dan merger, akuisisi, dan penawaran umum perdana telah melambat.

READ  Mirocco mendapat lebih banyak modal karena teknologi produk susu nabati mencapai bukti konsep

“Dampaknya terhadap investor dan pengusaha bersifat langsung, namun dampaknya akan berdampak pada perekonomian.

Banyak pekerja teknologi di startup tahap awal mengambil risiko untuk mendapatkan potensi keuntungan di masa depan, termasuk keuntungan modal ketika perusahaan tersebut go public. Menargetkan nilai ini dapat mengirimkan pesan bahwa risikonya mungkin tidak sepadan, kata Bergen.

Para eksekutif teknologi menyatakan ketidaksetujuan mereka terhadap tindakan baru ini di media sosial.

“Pada saat negara kita menghadapi penurunan produktivitas dan investasi bisnis yang serius, para pemimpin politik kita mengecewakan para wirausahawan di negara kita,” tulis Presiden Shopify Inc. Harley Finkelstein. Dalam postingan di X.

Marie Chevrier-Schwartz, pendiri dan CEO perusahaan pengambilan sampel produk Sampler, menyebut langkah-langkah anggaran tersebut picik dalam postingan LinkedIn. “Bagaimana kita bisa mendorong inovasi, penciptaan lapangan kerja, atau kinerja ekonomi yang kuat jika kita tidak mendorong masyarakat untuk bermimpi?” Saya menulis.

Perubahan pajak capital gain dalam anggaran memecah komunitas usaha kecil

Anggaran hari Selasa juga mencakup beberapa langkah yang tampaknya bertujuan untuk mengurangi dampak kenaikan pajak. Ottawa memperkenalkan Insentif Pengusaha Kanada, yang akan mengurangi bagian kena pajak dari keuntungan modal menjadi 33 persen bagi pengusaha di industri tertentu, hingga maksimum $2 juta sepanjang masa hidup mereka. Dalam penghasilan yang memenuhi syarat. Sektor teknologi tidak muncul dalam daftar industri yang tidak diperbolehkan memperoleh manfaat dari pengurangan tersebut.

Hal ini merupakan tambahan dari pengecualian keuntungan modal seumur hidup dari penjualan usaha kecil, yang dikumpulkan pemerintah dari $1 juta menjadi $1,25 juta, yang berarti beberapa pengusaha akan menerima pengecualian gabungan setidaknya $3,25 juta ketika menjual seluruh atau sebagian bisnisnya. .

Dan Kelly, presiden Federasi Bisnis Independen Kanada, mengatakan bahwa meskipun sebagian besar pemilik usaha kecil akan mendapatkan hasil yang baik atau tidak terpengaruh oleh perubahan keuntungan modal, langkah-langkah tersebut dapat mencegah usaha kecil untuk mengejar pertumbuhan secara agresif.

READ  Apple: Potensi Volatilitas Teknologi Hebat (NASDAQ:AAPL)

David Shipley, CEO perusahaan keamanan siber Beauceron Security, mengatakan dia kemungkinan besar akan menjual perusahaannya dua tahun lalu daripada mengembangkannya jika persyaratan baru sudah diberlakukan pada saat itu.

Tuan Shipley keberatan dengan persyaratan khusus untuk mengklaim Insentif Pengusaha Kanada: seorang pendiri perusahaan harus memiliki setidaknya 10 persen saham dalam bisnisnya. Dia mengatakan, persoalan kepemilikan seharusnya berada di luar kendali pemerintah.

Bruce Croxon, salah satu pendiri perusahaan modal ventura Round13 Capital, menggambarkan langkah-langkah baru ini sebagai “demoralisasi, mengecewakan, dan mengecewakan.” Dia menambahkan bahwa hal ini akan melemahkan selera investor terhadap risiko di Kanada, mengingat potensi keuntungan yang lebih rendah.

“Ini adalah perekonomian global. Kita menghadapi kenyataan bahwa masyarakat akan memilih untuk menaruh uang mereka di tempat lain.”

Jason Smith, CEO dan pendiri perusahaan perangkat lunak Klue Labs di Vancouver, memperingatkan bahwa tindakan tersebut dapat mendorong warga Kanada untuk memulai perusahaan mereka di luar Kanada.

“Warga Kanada berada di ambang kehancuran ketika memulai perusahaan mereka di Kanada atau pergi ke Amerika Serikat,” katanya. “Setiap pajak tambahan membuat kami berpikir dua kali sebelum memulai perusahaan di Kanada.”

Beberapa menganjurkan peningkatan pajak keuntungan modal. Dalam laporan firma hukum Osler, Hoskin dan Harcourt, Stephen Poloz, mantan gubernur Bank of Canada, mengatakan pajak yang lebih tinggi diperlukan untuk menutupi pengeluaran yang lebih tinggi untuk layanan kesehatan dan militer.

“Beberapa orang akan menyesali perlunya menaikkan pajak, karena menaikkan pajak dapat menggagalkan pertumbuhan ekonomi dan produktivitas. Namun, pemerintah saat ini telah melakukan beberapa perubahan permanen yang akan memakan biaya selamanya.

Perubahan keuntungan modal membayangi pengumuman lain terkait teknologi dan inovasi.

READ  Dow naik, perusahaan teknologi besar goyah: Apa selanjutnya untuk saham karena investor menunggu panduan Fed

Pemerintah baru-baru ini mengumumkan dana sebesar $2,4 miliar untuk mendukung industri kecerdasan buatan, namun tidak memberikan rincian lebih lanjut tentang bagaimana penawaran ini akan diterapkan.

Anggaran tersebut juga mengalokasikan $1,8 miliar selama lima tahun untuk tiga dewan penelitian federal, $600 juta untuk Program Insentif Pajak Penelitian Ilmiah dan Pengembangan Eksperimental, serta $200 juta untuk Inisiatif Katalis Modal Ventura. Program investasi pemerintah.