POSPAPUA

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Para pemangku kepentingan mencapai kesepakatan dan hasil pada Forum Air Dunia ke-10 tahun 2024

Para pemangku kepentingan mencapai kesepakatan dan hasil pada Forum Air Dunia ke-10 tahun 2024

Bali, Indonesia, 18 Oktober 2023 /PRNewswire/ — Pertemuan Konsultasi Pemangku Kepentingan (SCM) ke-2 dalam Forum Air Dunia ke-10 telah terselenggara dengan sukses. Bali, Indonesia Pada tanggal 12-13 Oktober 2023. Kesepakatan dan proposal akan disiapkan dan diselesaikan pada Forum Air Dunia ke-10 pada tahun 2024.

Pertemuan tersebut dihadiri oleh 1.094 pemangku kepentingan dari 73 negara termasuk Kepala Negara, Pemerintah Pusat, Pemerintah Daerah, Parlemen, Organisasi dan Komunitas.

Selama dua hari SCM ke-2, para pemangku kepentingan mengembangkan konsep dan mempersempit tematik dan sub-tema, topik, prioritas regional dari proses regional.

Proses politik memungkinkan keterlibatan para pemimpin pengambil keputusan di berbagai tingkatan, mulai dari kepala negara, menteri, anggota parlemen, pejabat daerah aliran sungai, dan pemerintah daerah. Setiap sistem koordinat untuk proses politik mempunyai hasil yang diharapkan dan lintasan waktu yang sama.

Selain itu, perjanjian kerja sama dengan mitra regional (Badan Air Mediterania, Forum Air Asia-Pasifik, Dewan Air AsiaAfrican Ministerial Council on Water) berhasil ditandatangani, menunjukkan komitmen yang kuat untuk merangkul dimensi regional dan mengakui berbagai tantangan dan solusi dalam pengelolaan air di Mediterania, Asia Pacific, Afrikadan Amerika.

Wakil Presiden Dewan Air Dunia (WWC). Eric Tardeau Iklim, air, energi, pangan, hubungan lingkungan dan kesehatan, solusi berbasis alam dan infrastruktur hijau, konservasi air, integritas ekologi dan air sirkular adalah tema utama yang muncul dalam diskusi dua hari tersebut.

“Kami juga mengakui perlunya integrasi holistik dari permasalahan dan solusi seperti pembiayaan infrastruktur air, ketahanan air dan ketahanan air, keadilan dan inklusi masyarakat dalam pengelolaan air, keterlibatan pemangku kepentingan dan partisipasi publik dalam perencanaan, serta pentingnya data. kebijakan air berbasis bukti dan meningkatkan kesadaran masyarakat,” ujarnya.

Mohammad Zainal Fatah, Ketua Sekretariat Nasional Panitia Penyelenggara Forum Air Dunia ke-10 menambahkan bahwa para peserta menguraikan permasalahan dan tantangan dalam kerangka enam proses tematik, termasuk ketahanan dan kesejahteraan air, air untuk manusia dan alam, pengurangan risiko bencana dan manajemen, dan tata kelola. , kerja sama, dan diplomasi air, pendanaan air berkelanjutan, serta pengetahuan dan inovasi.

“Kami menantikan kolaborasi yang berkelanjutan untuk memastikan bahwa Forum Air Dunia ke-10 pada tahun 2024 menghasilkan hasil yang kuat dan menjamin komitmen politik untuk pengelolaan air yang berkelanjutan,” tutupnya.

Kontak person:

Sekretariat Forum Air Dunia ke-10

[email protected]

Dokumen:

https://drive.google.com/drive/folders/1c9sGdh8PLuI-ao9HwbZIQxTIRogg0y_H?usp=sharing

SUMBER Sekretariat Forum Air Dunia ke-10

READ  Tiga tewas dalam banjir Lampung Selatan