POSPAPUA

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

3 berita teratas hari ini: Pameran dagang Indonesia membuka peluang bagi pasar non-tradisional, kata Jokowi

Tempo.co, Jakarta – Tempo English merangkum tiga berita mulai Kamis, 19 Oktober. Diantaranya, Jokowi Sebut Trade Fair Indonesia Buka Peluang Pasar Non-Tradisional, China Development Bank Danai PLN Percepat Transisi Energi, dan Ekonom Sebut Investasi China di Energi Terbarukan di Indonesia Momentum Positif

Berikut daftar 3 berita teratas yang dimuat hari ini di Tempo English:

1. Jokowi mengatakan pameran dagang Indonesia membuka peluang bagi pasar non-tradisional

Presiden Joko “Jokowi” Widodo membuka Pameran Internasional Trade Fair Indonesia (TEI) ke-38 di Indonesia Convention Fair, Kota BST, Tangerang, Rabu, 18 Oktober 2023. Ia menegaskan, pabrikan Indonesia harus berdaya saing dan menguasai pasar.

Kita tidak boleh lengah. Kita tidak boleh sekedar menjadi pasar. Kita harus menjadi kompetitor, pelaku penguasa pasar, dan produsen,” ujarnya dalam pidato virtualnya di pameran dagang Indonesia ke-38, Rabu.

Klik di sini untuk membaca lebih lanjut

2. China Development Bank Akan Membiayai PLN Mempercepat Transisi Energi

China Development Bank (CBD) akan membiayai upaya perusahaan listrik negara PLN untuk mempercepat transisi energi di Indonesia. Kedua perusahaan menandatangani MoU di Beijing pada 16 Oktober.

Direktur Utama PLN Darmawan Prasodjo mengatakan MoU tersebut memfasilitasi komitmen dan penjajakan pembiayaan korporasi, pembiayaan proyek dan solusi keuangan lainnya terkait transisi energi dan peningkatan kapasitas pegawai PLN untuk mengembangkan energi terbarukan.

Klik di sini untuk membaca lebih lanjut

3. Ekonom mengatakan investasi energi terbarukan Tiongkok di Indonesia merupakan momentum positif

Bhima Yudhishthira, Ekonom Center for Economic and Legal Studies (Celeos), mengatakan investasi energi baru terbarukan (NRE) yang dilakukan Tiongkok akan menjadi dorongan positif dalam pembiayaan transisi energi di Indonesia.

“Ini peluang besar bagi Indonesia untuk mendapatkan anggaran dari mereka yang mau berinvestasi EBT. Kita tidak perlu menunggu JETP,” ujarnya saat dihubungi Tempo, Rabu, 18 Oktober 2023. Hibah dari JUST Energy Transition Partnership (JETP) belum disalurkan.

READ  Octagon adalah venue multifungsi baru di Kruen Resort Uluwatu

Klik di sini untuk membaca lebih lanjut

klik disini Dapatkan update berita terkini dari Tempo di Google News