POSPAPUA

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Para Menteri bersedia mewujudkan janji air menjadi tindakan |  Berita |  Pusat Pengetahuan SDG

Para Menteri bersedia mewujudkan janji air menjadi tindakan | Berita | Pusat Pengetahuan SDG

Para menteri yang menghadiri Forum Air Dunia ke-10 telah mengeluarkan seruan mendesak untuk menerjemahkan komitmen ke dalam kebijakan, rencana dan tindakan untuk melindungi, melestarikan dan menggunakan sumber daya air secara berkelanjutan, termasuk air tanah. Forum ini berupaya menyediakan platform global untuk mengeksplorasi solusi inklusif dan inovatif terhadap isu-isu penting terkait air guna mempercepat pencapaian SDGs pada tahun 2030.

Diselenggarakan dengan tema 'Air untuk Kemakmuran Bersama' Forum Air Dunia ke-10 Diselenggarakan 18-25 Mei 2024 di Bali, Indonesia. Pertemuan Tingkat Menteri diadakan pada tanggal 20-21 Mei.

Tindakan yang tercantum dalam Deklarasi Menteri tentang 'Air untuk Kemakmuran Bersama' Menambahkan:

  • Memasukkan permasalahan air ke dalam rencana aksi untuk meningkatkan pendanaan: Beradaptasi terhadap perubahan iklim; dan mencegah polusi udara, tanah dan air, hilangnya keanekaragaman hayati dan degradasi jasa ekosistem;
  • Menerapkan tindakan dan langkah-langkah untuk mengurangi tekanan terhadap sumber daya air, termasuk memperkuat akses terhadap air bersih dan sanitasi untuk semua;
  • secara sistematis menetapkan atau memperkuat kebijakan, program dan tindakan Pengelolaan Sumber Daya Air Terpadu (IWRM) nasional; Dan
  • Untuk menyoroti peran danau alami dan buatan sebagai sumber daya air yang signifikan yang berkontribusi terhadap ketersediaan dan akses air, PBB Mengusulkan Hari Danau Sedunia.

Para menteri menyambut baik inisiatif Pemerintah Indonesia dan Dewan Air Dunia untuk memobilisasi komitmen sukarela untuk melakukan tindakan oleh negara, sektor, dan pemangku kepentingan guna mempercepat implementasi SDG 6 (Air Bersih dan Sanitasi). Berkontribusi pada Agenda Aksi Air PBB.

Itu Distribusi konkrit dan kumpulan tindakan Mencakup 113 proyek, inisiatif dan kolaborasi di sektor air dan sanitasi, membantu memastikan pembuatan kebijakan yang efektif dan komitmen jangka panjang terhadap solusi air. Hasil dan tindakan ini mewakili pengajuan sukarela dari negara-negara peserta, organisasi internasional, sektor swasta, dan pemangku kepentingan. Negara dan organisasi pengusul tetap mempunyai haknya dan bertanggung jawab atas pelaksanaan proposal yang mereka ajukan.

READ  Jokowi menggebrak Papua Street Carnival hari ini

Miliknya Pesan video Pada forum tanggal 20 Mei, PBB Sekretaris Jenderal Antonio Guterres mengumumkan peluncuran strategi seluruh sistem PBB mengenai air dan sanitasi pada bulan Juli. Dia mengatakan konferensi air PBB pada tahun 2026 dan 2028 akan menjadi “momen penting untuk memajukan upaya ini”.

Miliknya pendapatPresiden Majelis Umum PBB (UNGA), Dennis Francis, mengatakan PBB pada tahun 2026 Beliau menantikan hasil-hasil Forum yang menjadi masukan bagi diskusi-diskusi menjelang Konferensi Air.

Forum Air Dunia Kesepuluh terdiri dari 20 panel tingkat tinggi. diantara yang lain: Proposal untuk membentuk Dana Air Global; sistem ekologi-iklim-air-energi-makanan; Tata Kelola Air Global; meningkatkan kesejahteraan di seluruh siklus air; dan peran sektor swasta dalam mencapai tujuan SDG 6. Sejumlah sesi tematik dan regional serta acara sampingan juga diadakan.

Forum Air Dunia ke-11 akan diselenggarakan di Riyadh, Arab Saudi pada tahun 2027 dengan tema 'Aksi untuk Masa Depan yang Lebih Baik'. [10th World Water Forum Outcomes]