POSPAPUA

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Jakarta akan pindah ke Kalimantan pada bulan Juni

Jakarta akan pindah ke Kalimantan pada bulan Juni

Pemindahan ibu kota Indonesia dari Jakarta ke IKN, Kalimantan akan segera dilakukan.

Daerah Khusus Ibukota Jakarta (DKI) akan segera menjadi Daerah Khusus Ibukota (DKJ), kata Plt Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hardono. Heru mengatakan, ibu kota akan dipindahkan ke IKN (ibu kota nusantara) antara Juni hingga Juli.

Hal itu disampaikan Heru saat meresmikan Crisis Management Conference (CMC) 2024. Heru awalnya menyambut baik peserta CMC 2024.

Selamat datang di DKI Jakarta yang akan segera berganti nama menjadi Daerah Istimewa Jakarta, dan beberapa bulan lagi ibu kotanya akan berubah menjadi Ibu Kota Kalimantan, kata Heru. berdedikasi.

Heru mengatakan Jakarta tidak lagi menjadi ibu kota. Setelah bulan Juni-Juli ibu kota akan digeser ke IKN.

Pj Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hardono (Atas izin Republika)

Saudara sekalian, mungkin kalimat ini adalah kalimat terakhir yang kita sambut di ibu kota TKI Jakarta, Juni, Juli dan beberapa hari lagi ibu kota akan pindah ke IKN Kalimantan, ujarnya.

Menurut Heru, di Jakarta akan ada acara seremonial, yakni pelepasan duplikat bendera proklamasi dari Istana Jakarta ke IKN.

Diakui Heru, pemerintah serius untuk memindahkan ibu kota ke IKN dengan operasional yang berkelanjutan. Kegiatan pertama dimulai pada 1 Agustus 2024 yaitu kegiatan dzikir (jigir) bersama beberapa pejabat negara.

Kemudian, event selanjutnya akan dilaksanakan pada tanggal 14 Agustus, 15 Agustus, 16 Agustus, dan 17 Agustus, dan puncaknya pada tanggal 18 Agustus. Presiden akan meresmikan masjid di IKN.

Diakui Heru, pemerintah serius untuk memindahkan ibu kota ke IKN dengan operasional yang berkelanjutan.

Siapa pejabat pemerintah yang pertama kali masuk IKN?

Sekretaris Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian Susiwijono memastikan keempat menteri tersebut akan mengunjungi IKN terlebih dahulu. Mereka adalah Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Hadi Djajanto; Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto; Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, Muhadjir Effendi; dan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan.

READ  G20 menekankan pentingnya mitigasi perubahan iklim: pakar

“Yang pertama masuk ke IKN adalah aparatur presiden dan empat menteri koordinator. Aparatur presiden itu adalah sekretaris negara, sekretaris kabinet, kantor presiden dan sebagainya,” kata Susi. Kumbaran.

Suzy menjelaskan, proses mutasi pegawai Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian masih menunggu instruksi Presiden dan Kementerian PUPR.

Apakah Anda menikmati artikel ini? Untuk update berita terkini di Indonesia, jelajahi konten lain dari Social Expat!