POSPAPUA

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Papua Barat bisa menjadi gudang padi bagi empat provinsi: Menteri

Papua Barat bisa menjadi gudang padi bagi empat provinsi: Menteri

Manokwari, Papua Barat (Antara) – Menteri Pertanian Andi Arman Sulaiman mengatakan Provinsi Papua Barat berpotensi berkembang menjadi reservoir beras bagi empat provinsi: Papua, Papua Barat Daya, Papua Dataran Tinggi, dan Papua Tengah.

Hal ini sejalan dengan upaya pengembangan lahan pertanian seluas 20 ribu hektare di provinsi tersebut yang dilakukan secara bertahap, ujarnya.

“Dengan luas 20 ribu hektare, Papua Barat bisa menyuplai beras ke provinsi tetangga. Sedangkan Merak (Papua Selatan), kita sedang mempersiapkan daerahnya untuk swasembada pangan Indonesia,” kata Sulaiman usai meninjau lahan pertanian di Kabupaten Manokwari, Jumat.

Ia mengatakan kementeriannya akan menyiapkan anggaran untuk penanaman padi seluas 20.000 hektar di Papua Barat untuk mencapai swasembada pangan.

Kementerian akan menggunakan sistem pertanian modern untuk meningkatkan produktivitas dan menjaga kualitas produksi sekaligus menekan biaya produksi.

“Kita harus menggunakan sistem pertanian modern. Kalau manual sulit. Saya berharap pemerintah daerah mendukung pelaksanaan proyek ini,” kata Sulaiman.

Selain itu, Papua Barat juga mendapat tambahan alokasi pupuk bersubsidi sebanyak 4.532 ton yang meliputi pupuk urea sebanyak 1.839 ton, pupuk NPK sebanyak 2.692 ton, dan pupuk NPK-FK sebanyak satu ton pada tahun 2024.

Tambahan alokasi pupuk bersubsidi akan berdampak positif terhadap upaya petani dalam meningkatkan hasil tanaman pangan seperti padi, jagung, kedelai, cabai, bawang merah, tebu, kopi, dan kakao, ujarnya.

“Daerah sudah diberikan tambahan pupuk (alokasi subsidi) 100 persen. Kementerian siap membantu dengan menyediakan mesin sesuai kebutuhan daerah,” ujarnya.

Selain itu, Suleiman memuji peran TNI melalui Komando Daerah Militer (KODAM) XVIII/Kasuari yang membangun jaringan pipa air untuk memperluas areal tanam padi.

Segala permintaan terkait pemasangan pipa dapat ditujukan kepada Kementerian Pertanian. “Kami siap memenuhi kebutuhan untuk mengatasi masalah irigasi dan mendukung perluasan tanam padi,” ujarnya.

READ  S. Menhan Indonesia akan menghadiri acara peluncuran KF-X di Korea

Berita terkait: Pemerintah akan mendirikan kebun pangan sebagai KEK di Merauke
TERKAIT: Jabar Akan Jadi Bank Pangan Nasional: Presiden Intani