Pospapua.com
Pantai hamadi di Jayapura yang selalu ramai dikunjungi wisatawan. (foto: dharma somba)
Humaniora

Pantai di Jayapura tidak Kalah Indah dari Pantai di Bali

Oleh: Faisal Narwawan|

Pospapua.com, Jayapura – Walikota Jayapura Benhur Tomi Mano atau BTM mengatakan potensi wisata yang dimiliki Kota Jayapura tidak kalah menarik dan indahnya dari obyek wisata lain di Indonesia yang sudah mendunia.

Hal tersebut ditegaskan Walo Kota Mano saat memberikan pembekalan kepada 50 calon pemandu wisata Kota Jayapura yang sedang mengikuti pelatihan. Para pemandu ini nantinya akan memandu setiap wisatawan yang datang ke Jayapura dan terlebih khusus dipersiapkan untuk memandu wisata saat berlangsung PON XX tahun 2020 nanti.

‘’Misalkan kita punya pantai, pantai yang ada di Kota Jayapura ini tidak kalah indahnya dan menariknya daripada pantai yang ada di Bali,’’ jelasnya.

Hanya saja karena Bali sudah dikenal di seantero dunia sehingga menjadi tujuan utama wisatawan yang ingin menikmati keindahan pantai.

50 calon pemandu wisata ini kata Wali Kota Mano harus memahami betul kota Jayapura karena pemandu inilah yang memberikan informasi apa saja yang nantinya ditanyakan oleh wisatawan. ‘’Harus kenali kota Jayapura, liku-likunya termasuk perkembangan kota,’’ pesannya.

Kota Jayapura ini kata Wali Kota Mano selain memiliki keindahan alam terutama pantai, juga kaya dengan obyek wisata sejarah. “Kita punya tugu pendaratan di Hamadi, sayang kurang  perawatan, juga tugu pendaratan Jepang di Abepantai, ini bisa juga dikenalkan,” jelasnya.

BTM juga meminta pemandu wisata budaya ini bisa ikut menjual berbagai kerajinan dan budaya di 14 kampung yang ada di Kota Jayapura. “Kita punya kampung yang masing-masing punya budaya sendiri, ada ukiran, bahasa yang berbeda dan juga tarian, termasuk makanan khas, ini semua perlu dikenalkan dan tour guide di Kota Jayapura harus kenalkan itu,” tambah BTM.

Agar wisatawan merasa nyaman dan aman saat berada di obyek-obyek wisata, kata Mano pihaknya akan menertibkan tarif tempat wisata yang selama ini kurang tertib karena dikelola oleh masyarakat pemilik hak ulayat lokasi wisata. (nds)

Baca Juga:

Media Sosial Berkontribusi pada Buruknya Kesehatan Mental

Nethy Dharma Somba

Wagub Bali Apresiasi Mahakarya Livi Zheng

hamim

Keluarga Prajurit asal Bondowoso dan Magetan Berharap Heli MI-17 Segera Ditemukan

Nethy Dharma Somba

Leave a Comment