POSPAPUA

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Pangeran Harry bersaksi di pengadilan dalam kasus peretasan telepon Inggris: pembaruan langsung

Pangeran Harry bersaksi di pengadilan dalam kasus peretasan telepon Inggris: pembaruan langsung

Kesaksian Pangeran Harry yang diharapkan pada hari Selasa dalam kasus peretasan telepon akan menjadi pertama kalinya dalam lebih dari 130 tahun seorang anggota senior keluarga kerajaan Inggris telah diperiksa silang di pengadilan.

Terakhir kali ini terjadi pada tahun 1891, dan keluarga kerajaan tidak berjalan baik.

Pangeran Albert Edward – putra sulung Ratu Victoria, yang menjadi Raja Edward VII pada tahun 1901 – bersaksi sebagai saksi dalam kasus fitnah yang berpusat pada permainan judi yang dihadiri sang pangeran.

Salah satu pemainnya, Sir William Gordon-Cumming, dituduh melakukan kecurangan. Pangeran memihak tertuduh dan Tuan Gordon-Cumming kalah dalam kasus tersebut.

Sebuah laporan lokal dari waktu itu, hal Dikutip dari The GuardianDia mengatakan bahwa kesaksian Edward memakan waktu sekitar 20 menit dan itu “sangat membuatnya lelah dan membuatnya sangat gugup”. Laporan itu juga menyatakan bahwa dia tidak bisa duduk diam. Itu juga tidak biasa, untuk anggota keluarga kerajaan yang begitu terkemuka — calon raja, tidak kurang — untuk muncul di istana.

Laporan itu berbunyi: “Ketika dia ditanyai pertanyaan yang lebih mendesak, dari biasanya, diamati bahwa wajah pangeran sangat berubah, dan kemudian menjadi pucat lagi.”

Richard Fitzwilliams, salah satu komentator kerajaan, berkata: “Anda dapat melihat dengan membaca ini mengapa kemudian diputuskan bahwa ini bukan sesuatu yang diinginkan Keluarga Kerajaan. Itu menunjukkan bahwa Anda tidak dapat sepenuhnya melindungi bahkan putra Ratu dari interogasi.”

Sebuah buku yang diterbitkan pada tahun 1899 Dia mengungkapkan pesan dari Edward Dia mencela skandal itu dan mengungkapkan “rasa sakit dan gangguan yang mendalam” yang dia derita karenanya.

Edward menulis: “Pengadilan terakhir, yang tidak dikecam oleh siapa pun selain saya, dan yang tidak dapat saya cegah, memberi kesempatan kepada pers untuk meluncurkan serangan yang paling pahit dan tidak adil terhadap saya, mengetahui bahwa saya tidak berdaya.”

READ  Apakah Cash & Cinco Berkencan Setelah "Love Island US"? Mereka berhubungan

Dia melanjutkan, “Sekarang sudah berakhir, dan saya pikir, oleh karena itu, tidak pantas bagi saya dengan cara publik apa pun untuk merujuk lagi ke subjek menyakitkan yang telah membawa aliran pelecehan ini kepada saya.”

Pangeran Harry tiba di sidang di London pada bulan Maret.kredit…Belinda Jiao / Getty Images

Kesaksian Edward pada tahun 1891 bukanlah pertama kalinya calon raja muncul di pengadilan. Dua dekade sebelumnya, dia bersaksi dalam kasus perceraian Harriet Mordaunt, istri seorang Anggota Parlemen Inggris, yang menyebut Edward sebagai salah satu kekasihnya. (Edward membantahnya di pengadilan.) Selama persidangan itu, Edward tampaknya hanya berada di ruang saksi selama beberapa menit, kata Mr. Fitzwilliams, dan penampilan itu tampaknya tidak banyak berpengaruh pada reputasinya.

Edward – dikenal sebagai “Bertie” oleh orang-orang terdekatnya – memiliki reputasi sebagai seorang playboy Suka bermain kartu.

Ada perbedaan utama antara penampilan pengadilan yang dijadwalkan Harry pada hari Selasa dan penampilan Edward. Edward telah dipanggil sebagai saksi kedua kali dia hadir di pengadilan, sementara Harry adalah salah satu penggugat, yang berarti dia mungkin tahu pemeriksaan silang di masa depannya.

Selain itu, meskipun Harry adalah anggota senior keluarga kerajaan, dia bukan lagi seorang bangsawan yang bekerja. Dan dia tidak pernah menjadi orang pertama yang naik takhta, tidak seperti Edward, yang merupakan pewaris tahta. Namun, jika pertanyaannya membuat Harry gelisah, itu bisa memalukan, kata para ahli.

“Tidak akan ada jaring pengaman yang dia miliki dengan berbagai wawancara,” kata Mr Fitzwilliams, komentator kerajaan.

Tidak semua pers tidak bersahabat dengan Edward pada tahun 1891. Dalam sebuah artikel tentang Kemarin Dari kesaksian dalam kasus pencemaran nama baik perjudian, The New York Times menulis bahwa dia “ramah seperti biasanya” dan “berpakaian tanpa cela”.

READ  Peter Kay menambahkan tanggal tur tambahan untuk memenuhi permintaan tiket | komedi

Edward menjadi raja hanya selama sembilan tahun. Pada tahun 1910, dia meninggal karena radang paru-paru, mewariskan tahta kepada putranya, George V.